PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA BAHASAN KONDUKTOR & ISOLATOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI BT.P. 2012/2013 SDN. NO. 107404 SAMBIREJO TIMUR

Poniman, (2013) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA BAHASAN KONDUKTOR & ISOLATOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI BT.P. 2012/2013 SDN. NO. 107404 SAMBIREJO TIMUR.

[img]
Preview
Text
109008321 COVER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109008321 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
109008321 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109008321 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109008321 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109008321 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109008321 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109008321 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109008321 BAB I.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109008321 BAB V.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Sains (IPA) berperan membekali siswa untuk memilikikemampuan mencari, meneliti, menemukan, mengelola dan memanfaatkan segalapotensi alam yang ada di sekitar siswa agar dapat mengikuti kemajuan tekhnologi,yang selanjutnya dapat berguna bagi diri siswa itu sendiri dan bagi kepentingan umatmanusia. Pembelajaran IPA di SD pada umumnya sekarang ini masih menggunakancara lama, yaitu metode ceramah. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa, yangselama ini masih rendah, terutama pada mata pelajaran IPA Fisika. Nilai ujianNasional, Ujian Semester dan Ujian Formatif mata pelajaran IPA selama ini belummencapai 60%, yakni masih 55%. Bertitik tolak dari masalah tersebut, makapelaksana PTK berupaya meningkatkan hasil belajar IPA pada bahasan Konduktordan Isolator di Kelas VI B Tahun Pelajaran 2012 / 2013 SD Negeri No. 107404Sambirejo Timur, dengan menerapkan metode demonstrasi.Dalam melaksanakan Peneltian Tindakan Kelas tersebut, guru pelaksana PTKmenerapkan Metode Demonstrasi yang menggunakan bahan konduktor dan isolator.Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan di SD Negeri No. 107404 Sambirejo TimurKecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang yang beralamat di Jalan TirtaKencana Desa Sambirejo Timur sebanyak 1 (satu) siklus, yaitu pada hari Jumattanggal 9 November 2012. Pelaksanaan Tindakan Kelas dilaksanakan oleh gurupelaksana PTK (yakni guru kelas VI B) dibantu oleh 5 orang guru observer yangmengobservasi aktivitas siswa dan 1 orang guru observer yang mengobservasiaktivitas guru pelaksana PTK. Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas VI Byang berjumlah 29 orang, terdiri dari 14 orang laki-laki dan 15 orang perempuan.Dalam pelaksanaan PTK siklus I persentase keaktifan siswa mencapai96,55%. Dan persentase tingkat ketuntasan hasil belajar klasikal juga mencapai96,55%. Sedangkan persentase peningkatan hasil belajar klasikal sudah mencapai100%. Karena pada PTK Siklus I target peningkatan hasil belajar IPA sudah tercapai,maka PTK ini hanya dibatasi sampai Siklus I saja, dan tidak dilanjutkan pada SiklusII.

Item Type: Article
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorPramuniati, Isda196412071991032002
Call Number: 372.35 Pon p
Keywords: IPA; Sifat Benda; Konduktor dan Isolator; Metode Pembelajaran; Metode Demonstrasi; Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7536

Actions (login required)

View Item View Item