PENGARUH TEKNIK DESENSITISASI SISTEMATIK TERHADAP PENGURANGAN TINGKAT KECEMASAN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 30 MEDAN DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL T.A 2013/2014

Lumbang Gaol, Ester M. (2014) PENGARUH TEKNIK DESENSITISASI SISTEMATIK TERHADAP PENGURANGAN TINGKAT KECEMASAN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 30 MEDAN DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108321004 COVER.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108321004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108321004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108321004 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108321004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108321004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108321004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108321004 BAB I.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108321004 BAB V.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108321004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Seberapa tinggi tingkat kecemasan siswa kelas IX SMP Negeri 30 Medan Tahun Ajaran 2013/2014 dalam menghadapi Ujian Akhir Sekolah? Dan 2. Apakah siswa kelas IX di SMP Negeri 30 Medan Tahun Ajaran 2013/2014 yang menerima terapi konseling individu dengan teknik desensitisasi sistematik memperoleh perubahan yang baik terhadap kecemasan yang dialami?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui tingkat kecemasan siswa IX SMP Negeri 30 Medan Tahun Ajaran 2013/2014 dalam menghadapi Ujian Akhir Sekolah dan 2. Mengetahui erubahan kecemasan yang dialami siswa kelas IX SMP Negeri 30 Medan Tahun Ajaran 2013/2014 dalam menghadapi Ujian Akhir Sekolah setelah memperoleh layanan bimbingan dan konseling dengan menggunakan teknik desensitisasi sistematik. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 30 Medan Tahun Ajaran 2013/2014 sebanyak 40 orang siswa dan sampel penelitian adalah 11 orang siswa. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan memberikan perlakuan kepada sekelompok orang yang dijadikan subjek penelitian. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk menjaring data tentang kecemasan siswa dalam menghadapi Ujian Akhir Sekolah yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Teknik analisis data menggunakan uji beda (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan teknik desensitisasi sistematik berpengaruh terhadap penurunan tingkat kecemasan siswa dalam menghadapi Ujian Akhir Sekolah di SMP Negeri 30 Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Hal ini teruji dengan menggunakan uji-t yang diperoleh dari hasil perhitungan dengan hasil thitung = 10,13 > ttabel =1,796. Sehingga hipotesa yang diajukan yang berbunyi Terdapat pengaruh teknik desensitisasi sistematik terhadap penurunan tingkat kecemasan dalam menghadapi ujian akhir sekolah pada siswa kelas IX SMP Negeri 30 Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Dapat diterima. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa tanda-tanda kecemasan siswa seperti tubuh berkeringat dingin, gemetar, pusing, sering buang air kecil, dapat dikurangi dengan pemberian teknik desensitisasi sistematik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMenanti, Asih196006031985032002
Call Number: 371.46 Lum p
Keywords: Kecemasan; Tingkat Kecemasan; Kecemasan Di Sekolah; Teknik Desensitisasi Sistematika; Penyebab Kecemasan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF712 Developmental psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7505

Actions (login required)

View Item View Item