PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 050688 SAWIT SEBERANG T.A 2013/2014

Evrillia, Rizki (2014) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 050688 SAWIT SEBERANG T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1102111005 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1102111005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1102111005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1102111005 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1102111005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1102111005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1102111005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1102111005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1102111005 BAB I.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1102111005 BAB V.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1102111005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1102111005 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2x pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan melalui 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi dan angket. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I, peneliti terlebih dahulu mengamati proses pembelajaran awal siswa dan memberikan angket awal atau pra tindakan yang bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa juga untuk mengetahui kekurangan-kekurangan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 25 orang yang terdiri dari 16 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki di SD Negeri 050688 Sawit Seberang. Objek dari penelitian ini adalah model pembelajaran snowball throwing yang diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika pada materi pokok Penjumlahan Pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Matematika pada materi pokok Penjumlahan Pecahan di kelas IV SD Negeri 050688 Sawit Seberang T.A 2013/2014.Berdasarkan analisis data observasi pada kondisi awal diperoleh data 20 orang siswa masih belum mencapai nilai minimal (memiliki motivasi rendah) dalam bentuk persentase 80%, dan 5 orang siswa telah mencapai nilai minimal (memiliki motivasi tinggi) dalam bentuk persentase 20% dari nilai minimal yang ditentukan yaitu ≥ 60%. Pada siklus I pertemuan 1 diperoleh data peningkatan motivasi belajar siswa yaitu 8 orang siswa bermotivasi tinggi dalam bentuk persentase 23% dan pada pertemuan 2 yaitu 13 orang siswa bermotivasi tinggi dalam bentuk persentase 52% dari jumlah siswa secara keseluruhan. Dan pada siklus II persentase motivasi belajar siswa semakin meningkat dan sesuai dengan persentase yang ingin dicapai pada tingkat motivasi belajar siswa, yaitu: pada pertemuan 1 terdapat 18 orang siswa bermotivasi tinggi dalam bentuk persentase 72% dan pada pertemuan 2 terdapat 23 orang siswa bermotivasi tinggi dalam bentuk persentase 92%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran Matematika di kelas IV SD Negeri 050688 Sawit Seberang. oleh karena itu, model pembelajaran snowball throwing dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorUNSPECIFIED196111251987031003
Call Number: 372.72 Evr p
Keywords: Motivasi Belajar; Matematika; Model Pembelajaran Inovatif; Sekolah Dasar; Hakekat Pembelajaran; Materi Pokok; Penjumlahan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7481

Actions (login required)

View Item View Item