PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TIPE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASIBELAJAR SAIN KELAS V SD 105354 PURWODADI

Samosir, Alexander (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TIPE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASIBELAJAR SAIN KELAS V SD 105354 PURWODADI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img] Other
1103311002 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (324kB)
[img] Other
1103311002 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (153kB)
[img]
Preview
Text
1103311002 GRAFIK.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img] Other
1103311002 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB)
[img] Other
1103311002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (158kB)
[img] Other
1103311002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (199kB)
[img] Other
1103311002 TABLES.pdf - Published Version

Download (46kB)
[img] Other
1103311002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (108kB)
[img] Other
1103311002 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (46kB)
[img] Other
1103311002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (226kB)
[img] Other
1103311002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (48kB)

Abstract

Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah apakah setelahmenggunakan model pembelajaran Kontekstual tipe Inkuiri dapat meningkatkanmotivasi belajar siswa pada mata pelajran sains pada pokok bahasan Gaya gesek dikelas V SD 105354 Purwodadi tahun ajaran 2013 2014?Subjek dalam penelitiantindakan kelas ini adalah peserta didik kelas V yang berjumlah 30 orang yang terdiridari 12 peserta didik laki laki dan 18 siswa perempuan di SD 105354 PurwodadiPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Model PembelajaranKontekstual tipe Inkuiri dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada matapelajaran sains pada pokok bahasan Gaya gesek di kelas V SD 105354 PurwodadiTA 2013 2014Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas PTK yang dilakukan dalam2 siklus dimana setiap siklus dilakukan 2X pertemuan Dalam setiap siklusdilakukan melalui 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanan observasi dan refeleksialat penggumpulan data yang digunakan adalah obsevasi dan angket. Berdasarkananalisis data obsevasi pada siklus I pertemuan I diperoleh 3 orang memilikimotivasi belajar baik 10 4 orang memiliki motivasi belajar cukup 13 3 23memiliki motivasi kurang 76 6 Pada siklus I pertemuan II mengalamiperubahan yaitu 12 orang memiliki motivasi belajr baik 40 3 orang memilkimotivasi cukup 10 15 orang siswa 50 dengan rata rata kurang Padasiklus ke II pertemuan I terdapat 3 orang siswa 10 dengan kriteria sangatbaik 15orang siswa 50 engan kreteria baik 6 orang dengan 20 cukupdan 8 orang siswa 20 dengan kriteria kurang Pada siklus II pertemuan IIdiperoleh hasil 8 orang siswa 20 memiliki kriteria sangat baik 18 orang siswa60 memilki kriteria baik dan 4 orang siswa 13 memiliki kriteriacukup berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat bahwa penerapan Modelpembelajran kontekstual tipe Inkuiri dapat meningkatkan motivasi belajr siswapada pelajaran sains di kelas V SD 105354 PurwodadiDapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran kontekstual tipe inkuiridapat di terapkan di Kelas V SD 105354 Purwodadi dan dapat meningkatkanmotivasi belajar sains di kelas V serta sebagai salah satu alternatif dalammeningkatkan motivasi belajar siswa di Kelas V atau pun di sekolah SD 105354Purwodadi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorKaro karo, Demmu19581007198501001
Call Number: 372.35 sam p
Keywords: Motivasi belajar; Sekolah dasar; Model pembelajaran; Pembelajaran inkuiri; Hakikat sains; Kajian materi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7456

Actions (login required)

View Item View Item