UPAYA MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN MENDONGENG DI TK ASSISI MEDAN

Berutu, Katharina (2013) UPAYA MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN MENDONGENG DI TK ASSISI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
109113026 COVER.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109113026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109113026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109113026 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109113026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109113026 BAB I.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview
[img]
Preview
Text
109113026 BAB V.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109113026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah: (1) berbedanya tingkat intelegensisetiap anak, (2) lingkungan sekitar anak yang kurang mendukung perkembangankecerdasan emosional anak, (3) sikap Guru yang kurang mengetahui kebutuhananak dalam pertumbuhannya sehingga dapat menghambat perkembangankecerdasan emosional anak, (4) perkembangan anak yang kurang berkembangsecara maksimal.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kecerdasan emosional anakusia 5-6 tahun melalui kegiatan mendongeng di TK ASSISI tahun ajaran2012/2013.Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TK ASSISI, yangberjumlah 25 orang anak, terdiri dari 11 anak perempuan dan 14 anak laki-laki.Sedangkan objek penelitian ini adalah mengembangkan kecerdasan emosionalanak di TK ASSISI Medan.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( PTK) yang dilakukandalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Dalam setiapsiklus dilakukan melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi danrefleksi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi.Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi aspek kecerdasanemosional anak dengan indikator yakni: Kesadaran diri, mengelola emosi,memanfaatkan emosi secara produktif, empati dan membina hubungan.Hasil analisa pada siklus I menunjukkan dari hasil penlitian sebanyak 24%anak tergolong sangat baik, sebanyak 16% anak tergolong baik, sebanyak 44%anak tergolong cukup baik dan sebanyak 16% tergolong kurang baik. Hal inimenunjukkan kegiatan mendongeng yang dilakukan pada siklus I dapatmengembangkan kecerdasan emosional anak, namun masih kurang optimalkarena masih terdapat 44% yang tergolong cukup baik dan 16% yang tergolongkurang baik. Sehingga perlu dilakukan tindakan yang lebih baik pada siklus II.Pada siklus ini kemampuan klasikal belum tercapai. Hasil analisa pada siklus IIdari 25 anak terdapat banyaknya anak yang tergolong sangat baik meningkatsebanyak 84%, banyak anak yang tergolong baik menurun sebanyak 12%, dansudah tidak ditemukan lagi anak yang tergolong cukup baik namun masih terdapat4% yang kurang baik.Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa kegiatanmendongeng dapat mengembangkan kecerdasan emosional anak. Oleh karena itu, kegiatan mendongeng dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalammengembangkan kecerdasan emosional anak di TK ASSISI MedanPDF

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimaremare, Aman19610724 198703 1 002
Call Number: 374.83 Ber u
Keywords: Kecerdasan emosional; Mendongeng; Manfaat dan tujuan; Langkah - langkah; Hipotesis tidakan; Desain penelitian.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7416

Actions (login required)

View Item View Item