MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL TWO STAY-TWO STRAY PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 060874 MEDAN T. A 2012/2013

Harahap, Etika Mutiara (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL TWO STAY-TWO STRAY PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 060874 MEDAN T. A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
109311026 COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311026 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311026 BAB I.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311026 BAB V.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview

Abstract

Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah metode yang digunakan guru tidak bervariasi dalam pembelajaran IPS, keaktifan siswa kurang dilibatkan dalam pembelajaran, siswa kurang memahami materi pembelajaran IPS dan rendahnya motivasi belajar siswa dalam pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa.Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan prosedur yang terdiri atas II siklus yang setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan test kepada siswa disetiap siklus dan lembar observasi untuk menilai aspek afektif dan psikomotor siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A SD Negeri 060874 Medan dengan jumlah 44 orang. Objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan model two stay-two stray pada mata pelajaran IPS materi pokok perkembangan teknologi di kelas IV SD Negeri 060874 Medan T.A 2012/2013.Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pada sisklus I dan siklus II setelah adanya perbaikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Melalui pembelajaran two stay two stray hasil belajar siklus I dengan nilai rata-rata 65,22, dan hasil belajar siklus II dengan nilai rata-rata 84,57. Dan untuk persentasi ketuntasan klasikal adalah 52,17 % pada siklus I dan 86,96 % pada siklus II sehingga dengan demikian penelitian dikatakan berhasil pada siklus II karena telah mencapai nilai KKM dan persentase ketuntasan klasikal dengan kriteria sangat tinggi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBukit, Herawati19540818 197903 2 001
Call Number: 372.35 Har m
Keywords: Hasil belajar; Pembelajaran kooperatif; Model two stay - two stray; Kelebihan dan Kelemahan; Penilaian; Pembelajaran IPS.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7402

Actions (login required)

View Item View Item