MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER DI KELAS IV SD NEGERI 060822 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Hasibuan, Dian Intan (2013) MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER DI KELAS IV SD NEGERI 060822 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
109311014 COVER.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311014 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311014 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311014 BAB I.pdf - Published Version

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311014 BAB V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari skripsi saya ini adalah rendahnya keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPS, guru hanya menggunakan metode ceramah pada pembelajaran IPS disebabkan guru kurang kreatifnya memilih model pembelajaran yang cocok digunakan pada pelajaran IPS diakibatkan siswa menjadi suka ngantuk, bosan, tidak percaya diri, takut dalam mengeluarkan pendapat, dan kurang bergairah dalam belajar. Adapun jenis penelitian yang digunakan pada skripsi ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek yang digunakan ialah siswa kelas IV SD Negeri 060822 Medan di jalan Megawati gang damai yang berjumlahkan 35 siswa yang terdiri dari 17 perempuan dan 18 laki-laki. Adapun variabel penelitianya yaitu model pembelajaran Numbered Heads Together (X) dan keaktifan belajar siswa (Y). Pada skripsi, desain yang di pakai yaitu menurut Kurt Lewis, Kemmis, dan Tanggart yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Adapun instrumen yang dipakai yaitu observasi dan angket dan waktu penelitian ini pada bulan April-Juni yang dilaksanakan di SD Negeri 060822 Medan Tahun Ajaran 2012/2013. Hasil penelitian dan pembahasan pada skripsi ini dimana 35 siswa yang pada siklus I pertemuan pertama siswa yang aktif sebanyak 4 orang (11,4%) yang dinyatakan aktif dalam belajar, dan yang dinyatakan belum aktif sebanyak 31 orang (88,6%), pada pertemuan kedua siklus I sebanyak 10 siswa (28,6%) yang dinyatakan aktif dalam belajar dan yang dinyatakan belum aktif sebanyak 25 orang (71,4%), Sedangkan pada siklus II pertemuan pertama siswa yang aktif sebanyak 30 orang (85,7%) dan yang dinyatakan belum aktif sebanyak 5 orang (14,3%) dan pada pertemuan kedua siklus II jumlah siswa yang dinyatakan aktif belajar sebanyak 33 orang (94,3%) dan yang dinyatakan belum aktif sebanyak 2 orang (5,7%).Dari penjelasan di atas, maka disimpulkan bahwa telah terbukti dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok kegiatan ekonomi di kelas IV SD Negeri 060822 Medan Tahun Ajaran 2012/2013. Adapun saran yang dapat diberikan kepada siswa diharapkan agar lebihaktif dalam belajar dan memperoleh hasil yang lebih baik dan sebagai bahan masukan untuk guru agar menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together pada pelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBukit, Herawati19540818 197903 2 001
Call Number: 372.82 Has m
Keywords: Keaktipan belajar; Model pembelajaran; Numbered heads together; Langkah - langkah; Materi kegiatan ekonomi.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7399

Actions (login required)

View Item View Item