PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA KONSEP BILANGAN PECAHAN DI KELAS V SD NEGERI NO 106178 DESA BARU TAHUN AJARAN 2012/2013

Hutapea, Efendi Jerri Rianto (2013) PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA KONSEP BILANGAN PECAHAN DI KELAS V SD NEGERI NO 106178 DESA BARU TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
109311019 COVER.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (771kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311019 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311019 BAB I.pdf - Published Version

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311019 BAB V.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi penjumlahan dan pengurangan pecahan di kelas V SDN 106178 Desa Baru Tahun kec. Batang kuis Kab. Deli Serdang Tahun Ajaran 2012/2013. Subjek penelitian ini dilaksankan di SDN 106178 Desa Baru Tahun Ajaran 2012/2013. Yang diteliti yaitu siswa kelas V yang berjumlah 30 orang siswa, 20 orang siswa perempuan dan 10 orang siswa laki-laki. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan Matematika Realistik dengan sasaran utama bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada konsep bilangan pecahan materi penjumlahan dan pengurangan pecahan kelas V SDN 106178 Desa Baru.Rumusan masalah penelitian adalah Apakah dengan menggukan Pendekatan Matematika Realistik dapat meningkatkan minat belajar siswa materi penjumlahan dan pengurangan pecahan kelas V SDN 106178 Desa Baru Tahun Ajaran 2012/2013?.Pada kondisi awal pada mata pelajaran matematika diperoleh hasil bahwa dari 30 orang siswa 3 orang (10%) yang dikatakan memiliki minat tinggi, 10 orang (33%) memiliki minat sedang, 8 orang (27%) memiliki minat rendah dan 9 orang (30%) yang memiliki minat sangat rendah. Hal ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa masih sangat rendah. Pada siklus I, minat belajar siswa mengalami peningkatan dimana diperoleh data bahwa 20 orang (67%) yang memiliki minat belajar tinggi, 6 orang (20%) memiliki minat sedang, 4 orang (13%) memiliki minat rendah dan tidak ada yang memiliki minat sangat rendah. Namun pencapaian tersebut masih belum pada pencapaian yang diharapkan. Pada siklus II diperoleh data bahwa 26 orang (87%) memiliki minat tinggi,3 orang (10%) memiliki minat sedang dan 1 orang (3%) yang memiliki minat rendah.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Pendekatan Matematika Realistik dapat emingkatkan minat belajar siswa bila diterapkan pada pembelajaran matematika pada materi Penjumlahan dan pengurangan Bilangan pecahan di kelas V SDN 106178 Desa Baru Kec. Batang kuis Kab. Deli serdang Tahun Ajaran 2012/2013

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorTarigan, Daitin19590102 1983 1 001
Call Number: 372.72 Hut p
Keywords: Minat belajar; Pendekatan matematika realistik; Materi pengajaran; Operasi pecahan; Hipotesis tindakan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7383

Actions (login required)

View Item View Item