PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V-A SD NEGERI 101868 DESA SENA T.P. 2012/2013

Girsang, Mia Damayanti (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUIZ TEAM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V-A SD NEGERI 101868 DESA SENA T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
109111043 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111043 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (950kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111043 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111043 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111043 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111043 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111043 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111043 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111043 BAB I.pdf - Published Version

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111043 BAB V.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111043 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika siswa di kelas V-a SD Negeri 101868 Desa Sena. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam memanfaatkan berbagai jenis model pembelajaran yang dapat dijadikan sebagai strategi dalam memacu semangat belajar siswa di kelas.Pelaksanaan kegiatan penelitian dilakukan dengan dua siklus, di mana pada setiap siklus diadakan dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi motivasi belajar siswa dan angket. Subyek penelitian adalah siswa kelas V-a SD Negeri 101868 Desa Sena T.P. 2012/2013 dengan jumlah siswa 25 orang.Dari hasil penelitian melalui lembar observasi menunjukkan bahwa pemberian tindakan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Quiz Team terjadi peningkatan dilihat dari 8 indikator motivasi belajar, yaitu: 1) Tekun menghadapi tugas, siklus I 24% menjadi 26% dan siklus II 77% menjadi 85%; 2) Ulet menghadapi kesulitan, siklus I 39% menjadi 40% dan siklus II 80% menjadi 83%; 3) Menunjukkan minat terhadap macam-macam masalah, siklus I 33% menjadi 53% dan siklus II 74% menjadi 78%; 4) Lebih senang bekerja sendiri, siklus I 41% menjadi 42% dan siklus II 80% menjadi 82%; 5) Cepat bosan pada tugas-tugas yang rutin, siklus I 40% menjadi 56% dan siklus II 79 % menjadi 83%; 6) Dapat mempertahankan pendapatnya, siklus I 46% menjadi 55% dan siklus II 84% menjadi 89%; 7) Tidak mudah melepaskan hal yang diyakininya, siklus I 45% menjadi 48% dan siklus II 84% menjadi 86%; dan 8) Senang mencari dan memecahkan soal-soal, siklus I 41% menjadi 47% dan siklus II 78% menjadi 82%. Sehingga peningkatan motivasi belajar siswa dari siklus I 42,21% (kategori sedang) menjadi 81,5% (kategori sangat tinggi) pada siklus II.Dengan menggunakan model pembelajaran Quiz Team pada proses pembelajaran terlihat motivasi siswa dalam belajar lebih tinggi, siswa lebih aktif, dan semangat dalam belajar. Dengan demikian pembelajaran Matematika dengan menggunakan model pembelajaran Quiz Team di kelas dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V-a SD Negeri 101868 Desa Sena

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNurmayani, 19611111 198803 2 001
Call Number: 372.72 Gir p
Keywords: Belajar dalam pembelajaran; Anak didik; Motivasi; Model pembelajaran; Hipotesis tindakan.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7381

Actions (login required)

View Item View Item