PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 060799 KECAMATAN MEDAN LABUHAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Hutapea, Debora Yosepha (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 060799 KECAMATAN MEDAN LABUHAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 109111009 COVER.pdf]
Preview
Text
109111009 COVER.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 109111009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
109111009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of 109111009 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
109111009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 109111009 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
109111009 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 109111009 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
109111009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 109111009 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
109111009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 109111009 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
109111009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 109111009 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
109111009 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of 109111009 BAB I.pdf]
Preview
Text
109111009 BAB I.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of 109111009 BAB V.pdf]
Preview
Text
109111009 BAB V.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 109111009 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
109111009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 060799 Kecamatan Medan Labuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran mind mapping pada materi proklamasi kemerdekaan. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 060799 Kecamatan Medan Labuhan Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 30 orang siswa yang terdiri 15 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu: 1) perencanaan 2) pelaksanaan tindakan 3) observasi dan 4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu: tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu: 1) reduksi data, 2) paparan data, 3) verifikasi dan 4) kesimpulan data. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah terjadinya peningkatan hasil belajar siswa. Analisis data dengan menggunakan rumus persentase ketuntasan belajar siswa. Secara individual, siswa dikatakan tuntas apabila telah memenuhi standar nilai KKM yang telah ditentukan yaitu > 65,0 dan secara klasikal dikatakan tuntas apabila siswa di kelas memperoleh nilai > 65,0 ke atas sebanyak 85%. Hasil penelitian ini adalah meningkatnya hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dibuktikan dengan peningkatan keaktifan siswa mengikuti pelajaran IPS materi proklamasi kemerdekaan. Dari hasil pretest, nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kondisi awal sebelum tindakan adalah 41,20 dengan perbandingan dari 30 siswa hanya 3 siswa dengan nilai > 65,0. Pada siklus 1, mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata menjadi 62,50 dengan rincian 17 siswa mendapat nilai > 65,0 (57% siswa yang tuntas) dan 16 siswa tidak tuntas. Selain itu, guru juga mendapat nilai 88,0 dengan kriteria sangat baik. Pada akhir pelaksanaan siklus 2, diperoleh nilai rata-rata kelas menjadi 84,90 dengan rincian 28 siswa mendapat nilai > 65,0 (93% siswa yang tuntas) dan 2 siswa tidak tuntas. Selain itu juga, hasil observasi guru mengalami peningkatan menjadi 90,47 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan data yang dilakukan pada siklus II, Siswa secara keseluruhan sudah mencapai standar ketuntasan (nilai siswa > 65,0) yang diharapkan yaitu 85% dan Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dikelas V SDN 060799 Kecamatan Medan Labuhan T.A 2012/2013

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.89 Hut p
Keywords: Hasil belajar; Model pembelajaran; Mind mapping; Pembelajaran IPS; SK dan KD IPS; Materi pembelajaran
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 27 Jul 2016 07:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7374

Actions (login required)

View Item
View Item