PENGGUNAAN METODE DEMONTRASI PADA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI POKOK SATUAN UKUR PANJANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 2 SD NEGERI 024184 BINJAI

Apriyanti, Eka (2013) PENGGUNAAN METODE DEMONTRASI PADA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI POKOK SATUAN UKUR PANJANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 2 SD NEGERI 024184 BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 108413101 COVER.pdf]
Preview
Text
108413101 COVER.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 108413101 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
108413101 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (471kB) | Preview
[thumbnail of 108413101 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
108413101 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 108413101 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
108413101 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 108413101 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
108413101 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 108413101 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
108413101 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 108413101 BAB I.pdf]
Preview
Text
108413101 BAB I.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[thumbnail of 108413101 BAB V.pdf]
Preview
Text
108413101 BAB V.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 108413101 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
108413101 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya daya serap peserta didik. Hal ini tampak dari rata-rata hasil belajar matematika siswa yang senantiasa masih sangat memprihatinkan. Prestasi ini tentunya merupakan hasil dari kondisi pembelajaran yang masih bersifat konvensional dan tidak menyentuh ranah dimensi peserta didik itu sendiri, yaitu bagaimana sebenarnya belajar matematika itu. Dalam arti yang lebih substansial, bahwa proses pembelajaran matematika hingga dewasa ini masih memberikan dominasi guru dan tidak memberikan akses bagi anak didik untuk berkembang secara mandiri melalui penemuan dalam proses berpikirnya.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 2 SD Negeri 024184 Binjai Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 37 orang siswa dan siswi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan rumus persentase ketuntasan belajar siswa. Secara individual siswa dikatakan tuntas jika memenuhi KKM yang ditentukan sekolah yaitu > 60 dan secara klasikal dikatakan tuntas jika > 60% siswa yang tuntas belajar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tes awal sebelum diberikan tindakan terlihat bahwa nilai rata-rata kelas 33,51 dan jumlah persentase ketuntasan klasikal hanya mencapai 18,92%. Pada tindakan siklus I dengan menggunakan metode demontrasi diperoleh nilai rata-rata kelas 50,27% persentase ketuntasan klasikal 45,94 dan nilai observasi aktifitas siswa 63,63%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dari tes awal baik dari segi rata-rata kelas maupun ketuntasan belajar. Pada tindakan siklus II dengan menggunakan metode demontrasi diperoleh nilai rata-rata kelas semakin meningkat yaitu 67,02 jumlah persentase ketuntasan klasikal juga semakin meningkat hingga mencapai 81,19% dan nilai observasi aktivitas siswa meningkat sehingga mencapai 88,89%. Metode demontrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika materi pkok satuan ukur panjang di kelas 2 SD Negeri 024184 Tahun Ajaran 2012/2013 Binjai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.705 Apr p
Uncontrolled Keywords: Metode; DDemonstrasi; Hasil belajar; Satuan; Ukur panjang; Faktor - bfaktor.
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general > NX280 Study and teaching. Research
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 27 Jul 2016 03:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7316

Actions (login required)

View Item
View Item