HUBUNGAN KETERAMPILAN MENJELASKAN TUTOR DENGAN HASIL BELAJAR MENJAHIT PESERTA DIDIK DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN (LKP) KUTILANG MEDAN. 2013

Agustina, (2013) HUBUNGAN KETERAMPILAN MENJELASKAN TUTOR DENGAN HASIL BELAJAR MENJAHIT PESERTA DIDIK DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN (LKP) KUTILANG MEDAN. 2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
107191001 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
107191001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
107191001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
107191001 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
107191001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
107191001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
107191001 DAFTAR BAGAN.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
107191001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
107191001 BAB I.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
107191001 BAB V.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
107191001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu tutor tidak memahami bagaimana caramenyampaikan materi pembelajaran yang baik sehingga peserta didik mengalamikesulitan dalam menerima materi yang disampaikan dan berdampak pada hasilbelajar yang buruk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubunganketerampilan menjelaskan tutor dengan hasil belajar menjahit peserta didik diLembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Kutilang Medan.Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah keterampilanmenjelaskan yang dikemukakan oleh Asril (2011:84) bahwa keterampilanmenjelaskan adalah “ Penyajian informasi secara lisan yang dikelola secarasistematis untuk menunjukkan adanya hubungan antara satu dengan yanglainnya”. Dengan adanya keterampilan menjelaskan maka diharapkan kepadapeserta didik untuk lebih mudah memahami pelajaran. Sehingga dengan adanyapemahaman diharapkan hasil belajar pun akan meningkat. Sedangkan teori hasilbelajar dikemukakan oleh Abdurahman (2009:37-38) bahwa hasil belajar adalah“Kemampuan yang diperoleh peserta didik setelah melalui kegiatan belajar”.Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif.Sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang. Alat pengumpulan data dalampenelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yangdigunakan adalah dengan menggunakan rumus koefisien korelasi product momentdan uji hipotesis.Hasil analisis korelasi product moment antara variabel X dan Y diperolehthitung= 0,429 > ttabel= 0,361 (kategori sedang). Selanjutnya hasil perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan uji hipotesis diperoleh thitung=2,512 > ttabel= 0,683. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan menjelaskan tutor dengan hasil belajar peserta didik menjahit di LKP Kutilang Medan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRosdiana, 19620301 198703 2 003
Call Number: 374.4 Agu h
Keywords: Keterampilan; Tutor; Mengajar; Tutor; Hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7285

Actions (login required)

View Item View Item