PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BUTA AKSARA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR WARGA BINAAN DI LAPAS WANITA TANJUNG GUSTA MEDAN

Lubis, Cut Wilda (2013) PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BUTA AKSARA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR WARGA BINAAN DI LAPAS WANITA TANJUNG GUSTA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
109371006 COVER.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109371006 LEMBAR PEGESAHAN.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109371006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109371006 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109371006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109371006 BAB I.pdf - Published Version

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109371006 BAB V.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109371006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109371006 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah tutor tidak menggunakan metode yang bervariasi dan media yang sangat minim,dan kurang menguasai materi dalam melakukan kegiatan pembelajaran; kurangnya motivasi belajar warga binaan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk;(1) untuk mengetahui gambaran tentang pelaksanaan pembelajaran buta aksara terhadap motivasi belajar warga binaan di Lapas wanita Tanjung Gusta Medan,(2) untuk mengetahui motivasi belajar warga binaan di Lapas wanita Tanjung Gusta Medan,(3) untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan pembelajaran buta aksara terhadap motivasi belajar warga binaan di Lapas wanita Tanjung Gusta Medan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pelaksanaan pembelajaran dari Patricia King,Terence (1989:25) bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran terdiri dari tutor, waega belajar,materi dan metode,sarana pembelajaran dan hasil pembelaaran. Teori motivasi belajar yang dikemukakan oleh Staton (1987:20) bahwa motivasi belajar merupakan unsur yang paling efisien dalam belajar, karena seseorang hanya akan berhasil jika ia memiliki motivasi umtuk belajar. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan klausal (sebab akibat). Sampel penelitian ini berjumlah 60 warga binaan di lapas wanita Tanjung Gusta Medan. Alat pengumpulan data menggunakan angket, Teknik analisis data menggunakan rumus Regresi Linier Serhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran buta aksara berpengaruh terhadap motivasi belajar warga binaan di lapas wanita Tanjung Gusta Medan, hal ini diketahui dari hasil perhitungan diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 39,15 > 1,671. Kontribusi pelaksanaan pembelajaran buta aksara terhadap motivasi belajar warga binaan di lapas wanita Tanjung Gusta Medan sebesar = 68%, artinya motivasi belajar warga binaan di lapas wanita Tanjung Gusta Medan (Y) sebesar 68% dipengaruhi oleh pelaksanaan pembelajaran buta aksara sedangkan sisanya 32% disebabkan faktor lain yang tidak termasuk dalam analisis ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRosdiana, 196203101987032003
Call Number: 374.4 Lub p
Keywords: Pembelajaran; Buta Aksara; Warga Belajar; Motivasi Belajar; Ciri-ciri Motivasi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7260

Actions (login required)

View Item View Item