PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK HOME ROOM TERHADAP PENINGKATAN SIKAP BELAJAR AKTIF SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 BATANG KUIS TAHUN AJARAN 2012/ 2013

Hasibuan, Nur Azizah (2013) PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK HOME ROOM TERHADAP PENINGKATAN SIKAP BELAJAR AKTIF SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 BATANG KUIS TAHUN AJARAN 2012/ 2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
109451014 COVER.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109451014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109451014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109451014 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109451014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109451014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109451014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109451014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109451014 BAB I.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109451014 BAB V.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109451014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Ada Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan kelompok Teknik Home Room Terhadap Peningkatkan Sikap Belajar Aktif Siswa Kelas X SMA N 1 Batang Kuis Tahun Ajaran 2012/2013. Tujuan dari penelitian adalah Untuk Mengetahui Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Home Room Terhadap Peningkatan Sikap Belajar Aktif Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Batang Kuis Tahun Ajaran 2012/2013.Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-5 Di SMA Negeri 1 Batang Kuis Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (kuasi eksperimen) dengan memberikan perlakuan kepada sekelompok orang yang dijadikan subjek penelitian. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk menjaring data tentang sikap belajar aktif siswa yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas kuesioner. Instrument diberikan sebelum dan sesudah pemberian layanan bimbingan kelompok teknik home room. Teknik analisis data menggunakan uji beda (uji t).Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian layanan bimbingan kelompok teknik home room berpengaruh terhadap peningkatan sikap belajar aktif siswa kelas X Di SMA Negeri 1 Batang Kuis Tahun Ajaran 2012/2013. Hal ini teruji dengan menggunakan uji t dengan hasil thitung > ttabel yaitu 4,20 > 2,045 artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari pemberian layanan bimbingan kelompok teknik home room terhadap peningkatan sikap belajar aktif siswa kelas X Di SMA Negeri 1 Batang Kuis Tahun Ajaran 2012/2013, dapat diterima.Treatment bimbingan kelompok teknik home room terbukti dapat meningkatkan sikap belajar aktif siswa dengan perbedaan skor Pre-test dan Post-test sebesar 61,2 > 68,3. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemberian layanan bimbingan kelompok teknik home room terhadap sikap belajar aktif siswa kelas X Di SMA Negeri 1 Batang Kuis Tahun Ajaran 2012/2013. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis yang diajukan telah teruji kebenarannya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, Zuraida196302161987032001
Call Number: 371 404 7 Has p
Keywords: SIKAP BELAJAR AKTIF ; CIRI-CIRI ; SATUAN SIKAP ; MANFAAT ATAU KEGUNAAN ; KONSEP- KONSEP ; BIMBINGAN KELOMPOK ; TEKNIK KELOMPOK
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7243

Actions (login required)

View Item View Item