PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENGURANGI GAYA HIDUP HEDONIS SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 3 MEDAN

Siagian, Khairunnajah (2013) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENGURANGI GAYA HIDUP HEDONIS SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 3 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108121058 Judul.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108121058 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (775kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108121058 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108121058 Abstrak.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108121058 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108121058 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108121058 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108121058 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108121058 Bab I.pdf - Published Version

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108121058 Bab V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108121058 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah: Apakah ada pengaruh yang signifikan layanan bimbingan kelompok dalam mengurangi gaya hidup hedonis siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Medan. Sedangkan tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan layanan bimbingan kelompok dalam mengurangi gaya gidup hedonis siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Medan.Subjek dalam penelitian ini adalah 10 siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Medan yang memiliki gaya hidup hedonis. Pemilihan subjek penelitian menggunakan purposive sampling yaitu pengambilan sampel yang didasarkan atas pertimbangan-pertimbangan tertentu dari dari peneliti, yaitu siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Medan dengan kelas sosial menegah atas dan merupakan teman dekat dari Ahmad Nazri Siagian dan Ahmad Muammar Siagian. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Eksperimental-Semu (Quasi Eksperiment) yakni, model rancangan eksperimental dengan penelitian yang memberikan perlakuan kepada sekelompok orang yang dijadikan subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu layanan bimbingan kelompok (X) sebagai variabel bebas gaya hidup hedonis (Y) sebagai variabel terikat.Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket gaya hidup hedonis dengan menggunakan skala likert. Dengan disain penelitian one group pre test- post test. Teknik analisis data menggunakan rumus product moment untuk menguji validitas angket. Selanjutnya untuk melihat sebaran angket itu dikatakan normal atau tidak maka digunakan uji normalitas. Sedangkan untuk melihat apakah ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dalam mengurangi gaya hidup hedonis siwa menggunakan uji beda atau uji t (t-test) paired sample dengan perhitungan mean hipotetik dan mean empirik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan layanan bimbingan kelompok dalam mengurangi gaya hidup hedonis siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Medan. Hal ini diketahui dari nilai atau koefisien perbedaan T.test = 3.390 dengan p = 0. 008, < 0,050. Dengan ketentuan jika p < 0,050 maka dikatakan signifikan. Mean hipotetiknya adalah {(21 X 1) + (21 X 4)} : 2 = 52.500. Mean empirik variabel gaya hidup hedonis tanpa layanan bimbingan kelompok adalah 57.900, gaya hidup hedonis dengan layanan bimbingan kelompok adalah 50.800. Sehingga dari hasil ini dapat dikemukakan hipotesis penelitian yang berbunyi: Ada pengaruh yang signifikan layanan bimbingan kelompok dalam mengurangi gaya hidup hedonis siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Medan dapat diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMunir, Abdul195903241986011001
Call Number: 371.401 9 Sia p
Keywords: Gaya Hidup; Hedonisme; Layanan Bimbingan Kelompok; Komponen
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7221

Actions (login required)

View Item View Item