PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP BERKURANGNYA RASA JENUH DALAM BELAJAR SISWA SMA NEGERI I HUTABAYURAJA KABUPATEN SIMALUNGUN TAHUN AJARAN 2012/2013

Manurung, Ika Marintan (2013) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP BERKURANGNYA RASA JENUH DALAM BELAJAR SISWA SMA NEGERI I HUTABAYURAJA KABUPATEN SIMALUNGUN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108121066 COVER.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108121066 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108121066 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108121066 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108121066 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108121066 BAB I.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108121066 BAB V.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108121066 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Adakah pengaruh bimbingankelompok terhadap berkurangnya rasa jenuh dalam belajar siswa sedangkan tujuan penelitianini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok terhadap berkurangnya rasajenuh dalam belajar siswa SMA Negeri 1 Hutabayuraja Kabupaten Simalungun Tahun Ajaran2012/2013.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri I Hutabayuraja tahun ajaran2012/2013. Siswa kelas XI SMA Negeri I Hutabayuraja terdiri dari 3 kelas. Dari siswa kelasXI SMA Negeri I Hutabayuraja ini ditentukan subjek penelitian yang memenuhi persyaratanpopulasi penelitian yaitu siswa yang memiliki rasa enggan, lesu, dan tidak bersemangatdalam belajar dan berdasarkan data dari guru bimbingan konseling. Subjek penelitian yangdiperoleh adalah sebanyak 10 orang siswa.Penelitian ini termasuk jenis eksperimen semu yaitu penelitian yang memberikanperlakuan kepada sekelompok siswa atau subjek penelitian. Instrument yang digunakanadalah angket untuk menjaring data tentang rasa jenuh dalam belajar yang sebelumnya diujicobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket dari 50 item angket yangdisebarkan diketahui ada 37 item yang valid dan 13 item soal yang tidak valid, yaitu soal. 5,10, 11, 14, 15, 20, 2, 25, 27, 30, 32, 36, dan 48. Jadi soal yang diberikan terhadap 10 subjekpenelitian berjumlah 37 item. Instrument yang diberikan sebelum dan sesudah pemberianbimbingan kelompok. Teknis analisis data menggunakan uji beda ( uji t)Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan kelompok mempunyaiPengaruh Terhadap Berkurangnya Rasa Jenuh Dalam Belajar Siswa SMA Negeri IHutabayuraja Kabupaten Simalungun Tahun Ajaran 2012/2013. Hal ini teruji denganmenggunakan uji t yang diperoleh dari perhitungan dengan hasil thitung = 4,428 > ttabel = 1,833,artinya hipotesis yang diajukan yang berbunyi bahwa ada pengaruh bimbingan kelompokterhadap berkurangnya rasa jenuh dalam belajar siswa SMA Negeri I Hutabayuraja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHutasuhut, Edidon195703231987031002
Keywords: BIMBINGAN KELOMPOK;KEJENUHAN BELAJAR;CARA MENGATASI;
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7174

Actions (login required)

View Item View Item