UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) PADA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 101752 KLAMBIR LIMA.

Sari, Lara Atika (2012) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) PADA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 101752 KLAMBIR LIMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img] Other
22928 Caver.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other
22928 Pengesahan.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other
22928 Pengantar.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other
22928 Abstrak.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other
22928 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other
22928 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other
22928 Bab I.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other
22928 Daftar Grafik.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other
22928 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other
22928 Bab V.pdf - Published Version

Download (111kB)
[img] Other
22928 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (0B)

Abstract

Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan pendekatan sains teknologi masyarakat (STM) dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 101752 Klambir Lima ?Subjek dalam penelitian tidakan kelas ini adalah peserta didik kelas IV-A yang berjumlah 40 orang di SD Negeri No. 101752 Klambir LIma. Objek dalam penelitian ini adalah pengaruh penggunaan pendekatan sains teknologi masyarakat dalam meningkatkan kreativitas belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa pada pelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan sains teknologi masyarakat di kelas IV SD Negeri 101752 Klambir Lima.Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2x pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan melalui 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket dan observasi. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus 1, peneliti terlebih dahulu mengamati proses pembelajaran awal siswa atau prasiklus yang bertujuan selain untuk mengetahui kreativitas belajar siswa juga untuk mengetahui kekurangan-kekurangan dalam proses kegiatan belajar mengajar.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi kreativitas belajar siswa dan angket kreativitas belajar siswa dengan indikator : memiliki keterampilan berpikir lancar, fleksibel, orisinal, mengelaborasi, menilai, memiliki rasa ingin tahu, imajinatif, merasa tertantang, berani mengambil resiko, dan memiliki rasa menghargai. Berdasarkan analisis data observasi pada siklus I pertemuan I 7 orang siswa memiliki kreativitas belajar baik (17,5%), siklus I pertemuan II 21 orang memiliki kreativitas belajar baik (52,5%), siklus II pertemuan I 33 orang memiliki kreativitas baik (82,5%), siklus II pertemuan II mengalami perubahan meningkat dan sesuai dengan persentase yang yang ingin dicapai pada tingkat kreativitas belajar siswa, yaitu 38 orang siswa memiliki kreativitas belajar baik (95%). Sedangkan berdasarkan analisis data yang diperoleh dari angket pada siklus I adalah : 23 orang memiliki kreativitas belajar baik (57,5%), 14 orang memiliki kreativitas belajar cukup (35%), 3 orang memiliki kreativitas belajar kurang(7,5%). Dan siklus II diperoleh : 12 orang memiliki kreativitas belajar sangat baik (30%), 23 orang memiliki kreativitas belajar baik (57,5%), 5 orang memiliki kreativitas belajar cukup (12,5%).Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan sains teknologi masyarakat dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa pada pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 101752 Klambir Lima. Oleh karena itu, pendekatan sains teknologi masyarakat dapat diterapkan sebagai salah satu alternatife dalam meningkatakan kreativitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilalahi, Wesly195710281985031002
Call Number: 372.2 Sar u
Keywords: Belajar;Teknologi;Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P98 Computational linguistics. Natural language processing
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7156

Actions (login required)

View Item View Item