PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS V SD NEGERI 060915 MEDAN SUNGGAL T.A 2012/2013

Siregar, Roslianun (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS V SD NEGERI 060915 MEDAN SUNGGAL T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313306 COVER.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313306 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313306 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313306 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313306 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313306 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313306 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313306 BAB I.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313306 BAB V.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313306 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview

Abstract

Tujuan pengajaran keterampilan membaca adalah agar siswa mampu memahami pesan-pesan komunikasi yang disampaikan dengan medium bahasatulis dengan cermat, tepat dan cepat secara kritis dan kreatif. Kecermatan dan ketepatan dalam memahami pesan komunikasi itu sangat penting agar dapat dicapai pemahaman terhadap pesan komunikasi tersebut. Kecepatan memahami isi komunikasi juga merupakan hal yang penting dalam membaca, terutama bagi mereka yang melaksanakan tugas sehari-hari dengan banyak membaca.Untuk dapat mencapai tujuan pengajaran keterampilan membaca tersebut, guru harus dapat berperan aktif menumbuhkan minat baca pada diri siswa yaitu dengan cara melatih siswa untuk membaca ekstensif. Dengan metode diskusi siswa akan terdorong untuk melakukan kegiatan membaca secara mandiri sehingga siswa memiliki ketangkasan atau keterampilan yang lebih tinggi dari apa yang telah dipelajari.Subjek dalam penelitian yaitu siswa kelas IV SD Negeri 106814 Tembung T.A 2011/2012, yang berjumlah 30 orang siswa. Penentuan subjek berdasarkan tes dan lembar observasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil observasi siswa persentase rata-rata per individu nilai keterampilan membaca intensif adalah 62,75%, hasil persentase rata-rata kelompok nilai keterampilan membaca intensif adalah 55,94%. Pada siklus II hasil observasi siswa persentase rata-rata per individu nilai keterampilan membaca intensif adalah 85,14%, hasil persentase rata-rata kelompok nilai keterampilan membaca intensif adalah 88,99%.Dari hasil yang diperoleh dari 30 orang siswa dapat dilihat bahwa setelah dilakukannya tindakan pada setiap siklus terjadi peningkatan keterampilan membaca intensif siswa. Ini dapat disimpulkan bahwa dengan Metode diskusi dapat meningkatkan keterampilan membaca intensif dengan teks cerita rakyat pada pelajaran bahasa indonesia di kelas IV SDN 106814 Tembung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNainggolan, Elizon196104061987031002
Call Number: 372.2 Sir p
Keywords: Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD; Hasil Belajar; Sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7150

Actions (login required)

View Item View Item