UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA TENTANG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN DESIMAL DENGAN METODE DRILL DI KELAS V SDN 163092 KOTA TEBING TINGGI T.A 2011/2012

Zein, Rika Syahrida Fitri (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA TENTANG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN DESIMAL DENGAN METODE DRILL DI KELAS V SDN 163092 KOTA TEBING TINGGI T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313287 COVER.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313287 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313287 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313287 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313287 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313287 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313287 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313287 BAB I.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313287 BAB V.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313287 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview

Abstract

Masalah dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 163092 Kota Tebing Tinggi pada mata pelajaran Matematika, sehingga nilai siswa tidak mencapai standar yang telah ditentukan sekolah yaitu 65. Penelitian yang dilaksanakan di SDN 163092 Tebing Tinggi bertujuan untuk mengaplikasikan penggunaan metode Drill untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dalam penjumlahan dan pengurangan pecahan desimal di kelas V SDN 163092 Kota Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2011/2012.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN 163092 Kota Tebing Tinggi tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 35 orang siswa. Penentuan sampel ini berdasarkan hasil penelitian awal terhadap kelas yang akan diteliti dan hasil rujukan dari kepala sekolah. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah pengaruh penggunaan metode drill dalam penjumlahan dan pengurangan pecahan desimal untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dimana tiap-tiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pretes peneliti mendapatkan data dari 35 siswa hanya 7 siswa yang mencapai nilai tuntas dengan persentase sebesar 20%, dan 28 siswa memperoleh nilai tidak tuntas dengan persentase sebesar 80% dengan nilai rata-rata 54,85.Kesulitan-kesulitan siswa dianalisis kemudian dilakukan pembelajaran dengan menerapkan metode Drill pada siklus I. Hasil yang diperoleh mengalami peningkatan dari 35 siswa terdapat 15 siswa yang mencapai nilai tuntas dengan persentase sebesar 42,9 dan 20 siswa yang tidak mencapai nilai tuntas dengan persentase sebesar 57,1dengan nilai rata-rata 66. Nilai ini masih tergolong rendah, maka harus dilanjutkan ke siklus II. Dan setelah dilakukan siklus ke II ini mengalami peningkatan dari 35 siswa hanya 4 siswa yang belum mengalami nilai tuntas dengan persentase sebesar 11,4% dan 31 siswa yang mendapat nilai tuntas dengan persentase sebesar 88,6% dengan nilai rata-rata klasikal 86,85. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Drill dalam penjumlahan dan pengurangan pecahan desimal siswa di kelas IV SDN 163092 Kota Tebing Tinggi tahun ajaran 2011/2012. Dan disarankan kepada guru hendaknya dapat menggunakan metode pembelajaran yang tepat dalam mata pelajaran bahasa Inggris khususnya agar proses pembelajaran dikelas berjalan efektif dan hasil belajar siswa pun menjadi meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMarbun, Sariana196103271986012002
Call Number: 372.2 Zei h
Keywords: Bimbingan Belajar; Prestasi Belajar; Mathematics
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7134

Actions (login required)

View Item View Item