UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN MANFAAT SUMBER DAYA ALAM DI KELAS IV SD NEGERI 117468 TAHUN AJARAN 2011/2012

Munte, Agusman (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN MANFAAT SUMBER DAYA ALAM DI KELAS IV SD NEGERI 117468 TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313005 COVER.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (768kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313005 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313005 BAB I.pdf - Published Version

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313005 BAB V.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa pada pokok bahasan manfaat sumber daya alam dikelas IV SD Negeri 117468 Rantau Prapat Tahun Ajaran 2011/2012.Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar,subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 117468 Rantau Prapat Tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 36 orang siswa.instrumen dalam penelitian ini adalah tes pilihan berganda sebanyak 20 soal yang dilaksanakan tiga kali yaitu pre tes,tes hasil belajar siklus I,tes hasil belajar siklus II.seddangkan tehnik anaisis datanya dalam penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahap yaitu redukasi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian di peroleh nilai rata-rata pada tes awal dari 36 orang siswa sebesar 45,69 %,setelah diberikan pembelajaran siklus I diperoleh rata-rata 62,08 % dan mengalami peningkatan setelah dilakukan pembelajaran siklus II dengan rata-rata 76,52 %.berdasrakan daya serap dan tingkat ketuntasan belajar pada pokok bahasan manfaat suber daya alam sebelum diberikan pembelajaran terdapat 30,55 % siswa yang tuntas,setelah diberikan pembelajaran sikus I terdapat 55,55 % siswa yang tuntas,dan mengalami peningkatan setelah diberikan pembelajaran siklus II terdapat 86,11 siswa yang tuntas belajar dengan daya serap ≥ 65%.hasil pengamatan (observasi) menunjukkan adanya peningkatan pelaksanaan pembelajaran mulai siklus I hingga siklus II.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa pada pelajaran IPA pokok bahasan manfaat sumber daya alam di kelas IV SD Negeri 117468 tahun ajaran 2011/2012. Sehingga pembelajaran metode eksperimen dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSiregar, Arifin195908161985031004
Call Number: 372.2 Mun m
Keywords: Hasil Belajar Siswa; Metode Eksperimen; IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7132

Actions (login required)

View Item View Item