MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS V SDN. NO. 017125 BINJAI SERBANGAN

Budiman, Putra (2012) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS V SDN. NO. 017125 BINJAI SERBANGAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313261 COVER.pdf - Published Version

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313261 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (872kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313261 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (761kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313261 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313261 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313261 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313261 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313261 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313261 BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313261 BAB V.pdf - Published Version

Download (902kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313261 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (461kB) | Preview

Abstract

Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA khususnya pokok bahasan pesawat sederhan4 pembelajaran IPA di SD. Negeri No. 017125 Binjai Serbangan masih berpusat pada guru (teacher centerd) dimana guru masih mendominasi proses pembelajaran sedangkan siswanya masih nampak pasif, metode yang digunakan guru dalam pembelajaran IPA kurang bervariasi, dan kurangnya semangat siswa dalam mengikuti pelajaran, terutama pelajaran IPA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa dengan pendekatan pembelajaran contextusl teaching and learning pada pelajaran IPA pokok bahsan Pesawat Sederhana di kelas V SD. Negeri No. 017125 Binjai Serbangan Tahun Ajaran 201112012. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 34 orang, yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PIK). Penelitian dilaksanakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari empat komponen yaitu : perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi / evaluasi. Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi dan angket. Dari hasil penelitian dengan menggunakan observasi bahwa minat belajar siswa selama proses belajar mengajar berlangsung menunjukkan adanya peningkatan yang baik. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata minat belajar siswa untuk tiap siklus. Pada kondisi awal nilai minat belajar siswa 40,877o dan meningkat sebanyak 25,38o/o pada siklus I menjadi 66,25Vo, serta terjadi peningkatan sebesar l5,77yo pada siklus II menjadi 82,02yu Hasil tersebut didapat dari nilai rata-rata indikator minat belajar siswa yang tertera di lembar observasi minat belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan angket. Pada kondisi awal, siswa yang nilai minatnya kurang sebanyak 8 orang (23,52oA) dan mengalami peningkatan menjadi tidak ada siswa yang minatnya kurang (0%) pada siklus I, serta tidak di temukan pula siswa yang minat belajamya kurang pada siklus II. Siswa yang nilai minatnya cukup sebanyak 24 onng (76,470/o) pada kondisi awal dan mengalami peningkatan menjadi 17 orang (50%) yang minatnya cukup pada siklus I serta mengalami peningkatan menjadi tidak ada siswa yang minatnya cukup (0%\ pada siklus II. Siswa yang nilai minatnya baik sebanyak 2 orang (5,88%) pada kondisi awal dan mengalami peningkatan menjadi 17 orang (50%) yang minatnya baik pada siklus I serta mengalami peningkatan menjadi 6 orang (17,64W yang minatnya baik pada siklus II. Siswa yang nilai minatnya sangat baik tidak ada (0%") pada kondisi awal dan juga tidak ada siswa (0%) yang minatnya sangat baik siklus I dan mengalami peningkatan sebanyak 28 orang (82,35%) yang minatnya sangat baik pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran contextual teaching and learning pada pembelajaran IPA tentang pesawat sederhana dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSilalahi, Wesly195710281985031002
Call Number: 372.2 Bud m
Keywords: IPA; Pembelajaran Kontekstual; Minat Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7127

Actions (login required)

View Item View Item