MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SAINS MELALUI PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING DI KELAS IV SD ROLINA JL. PELITA IV MEDAN

Zendrato, Iman (2012) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SAINS MELALUI PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING DI KELAS IV SD ROLINA JL. PELITA IV MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1104311026 COVER.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311026 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311026 BAB I.pdf - Published Version

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311026 BAB V.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311026 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran Sains melalui pengunaan metode Mind Mapping di kelas IV SD Rolina yang berjumlah 25 orang. Jl Pelita IV Medan Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan II. Sebelum dilakukan tindakan siklus I peneliti mengadakan observasi untuk mengetahui kondisi awal tingkat motivasi belajar siswa.Pengumpulan data motivasi diperoleh melalui observasi yang diisi oleh Observer dan melalui angket motivasi belajar yang diisi langsung oleh siswa. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode pembelajaran Mind Mapping. Dimana tujuan dengan penggunaan metode Mind Mapping ini siswa dapat belajar lebih cepat, efesien, dan kreatif dalam proses belajar mengajar, karena metode Mind Mapping dapat menyeimbangkan penggunaan otak kiri dan otak kanan, dapat mengingat informasi yang lebih banyak, dan hemat waktu belajar, membantu berpikir dua kali lebih baik, dua kali lebih cepat, dua kali lebih jernih, dan dengan lebih menyenangkan.Dalam penelitian tindakan kelas ini. Konsep yang dipakai adalah perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil pengamatan aktivitas siswa sebelum dilakukan siklus I tampak bahwa siswa kurang termotivasi dalam belajar. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata motivasi belajar sains sebesar 48, 67%. Dan setelah dilakukan Siklus I ada peningkatan motivasi belajar yaitu rata-rata motivasi belajar sains sebesar 68,82%.Untuk mendapatkan motivasi belajar sains yang tinggi dilakukan siklus II dengan rata-rata motivasi belajar sains sebesar 80,03%.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh dari hasil pengisisan lembar angket siklus I bahwa ada sebanyak 3 orang yang memiliki motivasi sains belajar yang tinggi atau sebesar 12%, yang sedang ada 17 orang atau sebesar 68% dan ada 5 orang siswa atau sebesar 20% yang memiliki motivasi belajar sains yang rendah. Sedangkan pada siklus II ada 15 orang siswa atau 60% siswa yang memiliki motivasi yang tinggi dan yang memiliki motivasi sedang ada 10 orang atau sebesar 40%. Berdasarkan data di atas bahwa melalui penggunaan metode Mind Mapping dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas IV SD Rolina Jl Pelita IV Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorTarigan, Daitin195901021983031001
Call Number: 372.2 Zen m
Keywords: Motivasi Belajar; Sains; Mind Mapping
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7126

Actions (login required)

View Item View Item