MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM BELAJAR IPA DENGAN METODE DISKUSI DI KELAS IV SD NEGERI 056002 STABAT T.A 2011/2012

Verani, Novia (2012) MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM BELAJAR IPA DENGAN METODE DISKUSI DI KELAS IV SD NEGERI 056002 STABAT T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313232 COVER.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313232 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313232 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313232 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313232 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313232 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313232 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313232 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313232 BAB I.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313232 BAB V.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313232 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview

Abstract

Salah satu aspek mata pelajaran IPA di tingkat SD adalah untuk mengembangkan kreativitas siswa agar dapat mempelajari IPA dengan mudah. Namun kenyataannya, kreativitas siswa selama proses pembelajaran IPA di dalam kelas masih tergolong kurang atau rendah. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran IPA yang berlangsung saat ini cenderung berpusat pada guru dengan lebih mengandalkan metode ceramah dan buku serta kurang merangsang kreativitas siswa dalam belajar.Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam belajar IPA pada materi sumber daya alam dengan menggunakan metode diskusi di kelas IV SD Negeri 056002 Stabat T.A 2011/2012. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan selama 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas IV SD Negeri 056002 Stabat T.A 2011/2012 sebanyak 1 kelas dengan jumlah siswa 40 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar format observasi kreativitas siswa dalam belajar dan kegiatan peneliti selama proses pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas siswa dalam belajar IPA dengan menggunakan metode diskusi. Pada pertemuan pertama siklus I diperoleh rata-rata skor kreativitas siswa secara klasikal sebesar 1,74 (rendah) dan secara klasikal terdapat sebanyak 22 orang (55%) yang dinyatakan kreatif dalam belajar. Pada pertemuan kedua siklus I rata-rata skor kreativitas siswa meningkat menjadi 2,04 (sedang) dan sebanyak 29 orang (72,5%) siswa dinyatakan kreatif dalam belajar. Hal ini menunjukkan bahwa secara klasikal pada pertemuan pertama dan kedua siklus I, para siswa dinyatakan masih belum kreatif dalam belajar karena masih kurang dari 85%. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II pertemuan pertama diperoleh rata-rata skor sebesar 2,59 (sedang) dan sebanyak 35 orang (87,5%) siswa dinyatakan kreatif dalam belajar, pada pertemuan kedua siklus II rata-rata kreativitas siswa secara klasikal meningkat menjadi rata-rata 2,82 (sedang) dan sebanyak 36 orang (90%) siswa dinyatakan kreatif dalam belajar. Hal ini berarti bahwa secara klasikal baik pada pertemuan pertama dan kedua siklus II secara klasikal kreativitas siswa dinyatakan telah meningkat dan jumlah siswa yang dinyatakan telah kreatif lebih dari 85%.Berdasarkan hasil temuan penelitian selama 2 siklus dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode diskusi dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam belajar IPA pada materi sumber daya alam di kelas IV SD Negeri 056002 Stabat T.A 2011/2012. Sebagai tindak lanjut diharapkan kepada guru untuk dapat menggunakan metode diskusi dalam meningkatkan kreativitas siswa dalam belajar IPA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSitorus, Ramli195502041979031001
Call Number: 372.2 Ver m
Keywords: Kreativitas Siswa; IPA; Metode Diskusi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7123

Actions (login required)

View Item View Item