MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI DENGAN MENGGUNAKAN KOOPERATIF THINK WRITE AND TALK (TWT) DI KELAS V SD NEGERI 101751 KLAMBIR 5 TA 2011/2012

Sari, Triarti Andan (2012) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI DENGAN MENGGUNAKAN KOOPERATIF THINK WRITE AND TALK (TWT) DI KELAS V SD NEGERI 101751 KLAMBIR 5 TA 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313380 COVER.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313380 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313380 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313380 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313380 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313380 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313380 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313380 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313380 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313380 BAB I.pdf - Published Version

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313380 BAB V.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313380 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan menulis karangan narasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah keterampilan menulis narasi dapat ditingkatkan dengan menggunakan Think Write and Talk (TWT) pada pelajaran Bahasa Indonesia dengan Kompetensi Dasar menulisdi Kelas V SD Negeri 101751 Klambir 5 TA 2011/2012.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa siswa kelas V SD Negeri 101751 Klambir 5 TA 2011/2012 yang berjumlah 32 orang siswa. Objek keterampilan menulis karangan narasi, sedangkan tindakan pembelajaran menggunakan model Think Write and Talk (TWT) sebagai upaya guru untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa. Teknik pengumpulan data digunakan tes dan observasi. Berdasarkan data yang ditemukan pada saat pretes, dari 32 orang siswa diperoleh tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 6 orang siswa 18.75% mendapat nilai tuntas dengan KKM nilai 70 , dan sebanyak 26 orang siswa 81,25% mendapat nilai belum tuntas dengan nilai rata-rata 46,25. Pada siklus I terdapat terdapat sebanyak 15 orang siswa 46,88% mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 17 orang siswa 53,22% mendapat nilai belum tuntas dengan rata-rata nilai rata-rata 60,78. Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 29 orang siswa 90,63% yang mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 3 orang siswa 8,37% yang tuntas dengan nilai rata-rata 81,41.Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan Think Write and Talk (TWT) dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi di kelas V SD Negeri 101751 Klambir 5 TA 2011/2012. Oleh karenanya guru perlu mengingkatkan keterampilan mengajarnya khususnya dengan menggunakan pembelajaran kooperatif Think Write and Talk (TWT).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorKaro-karo, Demmu195810071985011001
Call Number: 372.2 Sar m
Keywords: Menulis Narasi; Kooperatif Tipe Think, Write and Talk (TWT); Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7121

Actions (login required)

View Item View Item