Amelia, Rizki (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRILL DI KELAS IV SD NEGERI 023905 BINJAI UTARA TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
|
Text
108313300 COVER.pdf - Published Version Download (62kB) | Preview |
|
|
Text
108313300 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (379kB) | Preview |
|
|
Text
108313300 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
108313300 ABSTRAK.pdf - Published Version Download (59kB) | Preview |
|
|
Text
108313300 DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
108313300 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version Download (56kB) | Preview |
|
|
Text
108313300 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version Download (56kB) | Preview |
|
|
Text
108313300 BAB I.pdf - Published Version Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
108313300 BAB V.pdf - Published Version Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
108313300 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (60kB) | Preview |
|
|
Text
108313300 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version Download (59kB) | Preview |
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan metode drill. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa dengan menggunakan metode drill dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan di kelas IV SD Negeri 023905 Binjai Utara.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah setelah penerapan metode drill dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan di kelas IV SD Negeri 023905 Binjai Utara. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak 30 siswa yang berasal dari kelas IV pada tahun ajaran 2011/2012, untuk memperoleh data dalam penelitian ini penulis melakukan penelitian pengumpulan data dengan cara memberi test. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, Siklus I dan Siklus II masing-masing memiliki dua pertemuan. Pada setiap pertemuan peneliti melakukan test hasil belajar terhadap siswa, untuk mengetahui tingkat ketuntasan belajar siswa.Dari hasil analisis data diperoleh 6 siswa (20%) yang mencapai syarat ketuntasan belajar dan 24 siswa (80%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dari pretest diperoleh nilai rata-rata 54,00. Dari hasil analisis data pada siklus I diperoleh 12 siswa (40%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dan 18 siswa (60%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 63,33. Dari hasil tes pada siklus II diperoleh 26 siswa (86,67%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 80,00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode Drill dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 023905 Binjai Utara. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode drill dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Call Number: | 372.2 Ame m | ||||||
Keywords: | Hasil Belajar; Matematika; Metode Drill | ||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education | ||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||
Depositing User: | Mr Muhammad Iqbal | ||||||
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 | ||||||
URI: | http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7118 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |