UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN IPA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF KELAS V SD NEGERI NO.118431 BINANGA TOLANG T.A 2012

Tambunan, Ismawati (2012) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN IPA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF KELAS V SD NEGERI NO.118431 BINANGA TOLANG T.A 2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 108313151 COVER.pdf]
Preview
Text
108313151 COVER.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 108313151 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
108313151 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 108313151 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
108313151 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 108313151 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
108313151 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 108313151 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
108313151 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 108313151 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
108313151 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 108313151 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
108313151 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 108313151 BAB I.pdf]
Preview
Text
108313151 BAB I.pdf - Published Version

Download (565kB) | Preview
[thumbnail of 108313151 BAB V.pdf]
Preview
Text
108313151 BAB V.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 108313151 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
108313151 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan Model pembelajaran inovatif dalam mengajar mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan krativitas belajar siswa pada materi cahaya di Kelas V SD Negeri No.118431 Binanga Tolang T.A 2012”. Adapun yang terjadi masalah dalam penelitian ini adalah a) siswa kurang krativitas untuk membuat dan merangkai suatu karya model dengan menerapakan sifat-sifat cahaya khususnya dalam membuat kaca pembesar(lup) sederhana, b) siswa kurang dilibatkan secara aktif dalam proses belajar mengajar sehingga siswa dalam belajar kraetivitas siswa belum munculi, c) kurangnya teknik dan cara pengajaran yang tepat digunakan guru untuk meningkatkan kreativitas belajari siswa pada pelajaran IPA, d) kurangnya metode mengajar yang digunakan guru dalam pembelajaran Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas V SD Negeri No.118431 Binanga Tolang T.A 2012”. yang berjumlah 30 siswa. Objek penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran inovatif pada pokok bahasan membuat suatu karya model dengan menerapkan sifat-sifat cahaya khususunya dalam membuat kaca pembesar sederhana (lup) dengan menerapkan sifat-sifat cahaya Kelas V SD Negeri No.118431 Binanga Tolang T.A 2012”. Desain dalam penelitian tindakan kelas (Classrom Action Researach) ini adalah model Kemmis dan MC Taggart dengan 2 siklus mempunyai 4 tahap yaitu ; A) Perencanaan, B) Pelaksanaan, C) Pengamatan, D) Refleksi. Masing – masing siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan angket. Observasi meliputi aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran.Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model penggunaan model pembelajaran inovatif pada siklus I hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa pada siklus I dari 40 indikator kreativitas belajar siswa sebanyak 4 indikator kriteria tinggi atau sebesar 10%, sebenyak 15 indikator untuk kriteria rendah 37% dari 40 indikator untuk kriteria rendah 40% dan sebanyak 21 indikator kriteria sangat rendah 52% dari 40 indikator yang ada. Dengan rata-rata kreativitas belajar siswa 41,00, dan pada siklus II dari 40 indikator kreativitas belajar siswa sebanyak 16 indikator kriteria tinggi atau sebesar 40%, sebenyak 24 indikator untuk kriteria sangat tinggi 60% dari 40 indikator. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran inovatif, kreativitas belajar siswa dapat meningkat karena siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran.Dengan demikian pembelajaran IPA melalui penggunaan model pembelajaran inovatif dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa pada materi cahaya khususnya, membuat kaca pembesar sederhana (LUP) Kelas V Negeri No. 118431 BinangaTolang Tahun Ajaran 2011/2012”

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.2 Tam u
Keywords: Kreativitas Belajar; IPA; Pembelajaran Inovatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 27 Jul 2016 02:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7116

Actions (login required)

View Item
View Item