UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA MELALUI PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN DI KELAS V SD NEGERI 050684 TANJUNG PUTUS TAHUN AJARAN 2011/2012

Permana, Pragus Lesta (2012) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA MELALUI PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN DI KELAS V SD NEGERI 050684 TANJUNG PUTUS TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313259 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313259 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313259 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313259 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313259 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313259 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313259 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313259 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313259 BAB I.pdf - Published Version

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313259 BAB V.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313259 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa khususnya pada materi sifat-sifat cahaya. Sebagai Alternatif tindakan yang dilakukan adalah dengan menggunakan metode eksperimen di Kelas V SDN 050684 Tanjung Putus Tahun Ajar 2011 / 2012Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dan 4 tahap yaitu dan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dan 1 siklus 2 kali pertemuan. Cara pengambilan data dalam penelitian ini dengan mengumpulkan nilai pretes, Siklus I, Siklus II. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V sebanyak 40 orang siswa. Metode eksperimen merupakan suatu cara mengajar dengan memberikan stimulus yang dilakukan secara berulang-ulang agar siswa memiliki respon kuat yaitu keterampilan yang lebih tinggi dari pada yang telah dipelajari sebelumnya sehingga sesuatu yang dilakukan siswa tersebut dapat dikuasai dengan baik.Berdasarkan observasi pada awal tindakan yang dilakukan terhadap 40 tingkat perubahan motivasi belajar siswa pada awal tidak ditemukan siswa memiliki motivasi belajar sangat rendah, sebanyak 20 orang siswa (50%) memiliki motivasi belajar rendah, sebanyak 19 orang siswa (47,5%) memiliki motivasi belajar yang tinggi dan sebanyak 1 orang siswa (2,5%) yang memiliki motivasi belajar sangat tinggi. Berdasarkan gambar di atas maka dapat ketahui bahwa dari 40 orang siswa tidak ditemukan siswa yang memiliki motivasi sangat rendah (0%), sebanyak 5 orang siswa (12,5%) yang memiliki motivasi rendah, sebanyak 33 orang siswa (82,5%) memiliki motivasi tinggi dan sebanyak 2 orang siswa (5%) yang memiliki motivasi sangat tinggi. Pada siklus II siswa tidak ditemukan siswa yang memiliki motivasi sangat rendah (0%), terdapat 1 orang siswa (2,5%) memiliki motivasi belajar rendah, sebanyak 18 orang siswa (45%) memiliki motivasi belajar tinggi dan sebanyak 21 orang siswa (52,5%) yang memiliki motivasi belajar sangat tinggi. Sedangkan dari data hasil observasi aktvitas mengajar guru pada siklus II pertemuan 3 dan 4 yaitu diperoleh nilai rata-rata 91,67 dan 93,75 tergolong dengan kategori sangat tinggi dengan bila dibandingkan dengan data hasil penelitian pada siklus I maka dapat disimpulkan bahwa aktvitas mengajar guru juga mengalami peningkatan.Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi sifat-sifat cahaya kelas V SD Negeri 050684 Tanjung Putus T.A 2011/2012. Oleh karenanya metode eksperimen merupakan salah satu alaternatif yang dapat digunakan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSyarif, Kemali195908011986012002
Call Number: 372.2 Per u
Keywords: Motivasi Kerja; IPA; Metode Eksperimen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7115

Actions (login required)

View Item View Item