MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE SCRIPT DI KELAS V SD NEGERI 101866 BATANG KUIS PEKAN TAHUN AJARAN 2011-2012

Harahap, Nur Habibah (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE SCRIPT DI KELAS V SD NEGERI 101866 BATANG KUIS PEKAN TAHUN AJARAN 2011-2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313236 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313236 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313236 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313236 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313236 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313236 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313236 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313236 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313236 BAB I.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313236 BAB V.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313236 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi pokok sekitar proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia di SD Negeri No 101866 Batang Kuis Pekan. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah : rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Untuk mendapat pengajaran yang baik bagi siswa dalam belajar, guru dituntut memilih dan menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran sekitar proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia dalam mata pelajaran IPS yaitu guru menerapkan metode cooperative script di dalam kelas.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri No 101866 Batang Kuis Pekan yang berjumlah 32 orang siswa, laki-laki 18 orang dan perempuan 14 orang. Objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Cooperative Script pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Negeri No 101866 Batang Kuis Pekan. Prosedur penelitian terdiri dari 4 tahapan yaitu, perencanaan,pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah berupa tes dan observasi terhadap kelas selama kegiatan pembelajaran berlangsung, penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan.Hasil penelitian pada saat pre test mencapai 8 siswa atau sebesar 25% yang tuntas siswa yang bernilai 70, sedangkan yang tidak tuntas bernilai 20 yang terdiri dari 22 siswa atau sebesar 75% yang belum mencapai nilai ketuntasan dari 32 siswa dengan nilai rata-rata 48,75. Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas 15 siswa atau sebesar 46,8% dengan nilai 70, dan 17 siswa yang belum tuntas mencapai 53,2% dengan nilai 40. Sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas meningkat yaitu 30 orang siswa atau 93,7% dengan nilai 80 dan 2 orang siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan dengan nilai 60 atau sebesar 6,3%.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi sekitar proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia di kelas VA SD Negeri No 101866 Batang Kuis Pekan Tahun Ajaran 2011-2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorBukit, Herawati195408181979032001
Call Number: 372.2 Har m
Keywords: Hasil Belajar; Cooverative Script; IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7109

Actions (login required)

View Item View Item