MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CTL DI KELAS IV SD NEGERI 105292 BANDAR KLIPPA T.P 2011/2012

Widyaningrum, Ajeng (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CTL DI KELAS IV SD NEGERI 105292 BANDAR KLIPPA T.P 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108113014 COVER.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113014 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113014 BAB I.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113014 BAB V.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113014 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 105292 Bandar Klippa pada pokok bahasan model perubahan energi gerak akibat pengaruh udara. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan model perubahan energi gerak akibat pengaruh udara di kelas IV SDN 105292 Bandar Klippa. Untuk mengatasi permasalahan tentang hasil belajar siswa, penulis menggunakan pendekatan pembelajaran CTL yang dikemukakan Sanjaya bahwa CTL adalah suatu strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata sehingga mendorong siswa untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan mereka. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian tindakan kelas dilakukan dikelas IV SD, yang berjumlah 27 orang siswa yang terdiri dari 13 orang siswa perempuan dan 14 orang siswa laki – laki. Data yang digali meliputi : observasi guru dan siswa, dan tes hasil belajar siswa. Data dari narasumber yang meliputi guru kelas IV dan kepala sekolah SD. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman observasi dan evaluasi/ tes hasil belajar. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dari pemberian tindakan dengan pembelajaran menggunakan pendekatan CTL pada tes awal, pada siklus I, siklus II diperoleh tingkat ketuntasan belajar siswa. pada tes awal nilai rata – rata siswa 42 dimana dari 27 orang siswa ditemukan 2 orang siswa yang tuntas (7%) dan 25 orang siswa yang tidak tuntas (93%), setelah dilakukan tindakan siklus I serta diberikan post tes I nilai rata – rata siswa meningkat menjadi 61 dimana dari 27 orang siswa ditemukan 11 orang siswa yang tuntas (41%) dan 16 orang siswa yang tidak tuntas (59%). Pada waktu post tes II nilai rata – rata siswa meningkat menjadi 82 dimana dari 27 orang siswa ditemukan 25 orang siswa yang tuntas (93%) dan 2 orang siswa yang tidak tuntas (7%). Kesulitan belajar siswa masih ada namun tidak seperti pada siklus I. tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 93% yang artinya sudah mencapai tingkat ketuntasan belajar yang diharapkan maka tidak perlu lagi dilanjutkan siklus berikutnya. Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan yaitu hasil belajar siswa akan meningkat jika diterapkan pendekatan CTL pada pembelajaran IPA pokok bahasan model perubahan energi gerak akibat pengaruh udara di kelas IV SD Negeri 105292 T.P 2011/2012

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorRitonga, Mastiana195409291978032001
Call Number: 372.2 Wid m
Keywords: hasil belajar; IPA; CTL
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7089

Actions (login required)

View Item View Item