MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DI KELAS V SDN NO. 106799 PALUH MANAN TA 2011/2012

Sinurat, Nursondang Melawaty (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DI KELAS V SDN NO. 106799 PALUH MANAN TA 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
109811107 COVER.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811107 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811107 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811107 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811107 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811107 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811107 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811107 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811107 BAB I.pdf - Published Version

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811107 BAB V.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811107 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SDN NO. 106799 Paluh Manan, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri dan meningkatkan kemampuan guru dalam mengidentufikasi kesulitan belajar siswa.Pelaksanaan penelitian dilaksanakan selama dua siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan rekleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi berupa daftar chek list.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN NO. 106799 paluh manan TA 2011/2012. Dengan jumlah siswa 33 rang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Penelitian ini dilakukan sesuai dengan jadwal pelajaran IPA di sekolah tersebut.Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka peneliti melakukan observasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah daftar chek list dengan indikator sebagai berikut: (a) aktif dalam pembelajaran,(b) memahami pelajaran dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri, (c) kemampuan siswa dalam melakukan penemuan, (d) interaksi siswa dengan siswa dan siswa dengan guru, (e) kemampuan interaksi di dalam kelompk, (f) dapat mengerjakan soal yang diberikan.Hasil penelitian diperoleh jumlah skor pada kondisi awal yang tuntas ada 5 orang dengan persentase 15% dan 26 orang yang belum tuntas dengan persentase 85%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I siswa yang tuntas meningkat ada 16 orang siswa dengan persentase 48,5% dan 17 orang siswa belum tuntas dengan persentase 51,5 %. Selanjutnya pada siklus II diperoleh hasil yang semakin meningkat yaitu 31 siswa dengan persentase 93,9% yang tuntas dan 2 orang siswa dengan dengan persentase 6,1% yang belum tuntas.Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi gaya di SDN No. 106799 Paluh Manan TA 2011/2012.Dari hasil temuan penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan yaitu meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri pada materi gaya di kelas V SDN No. 106799 Paluh Manan dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimanihuruk, Akden195612311988031008
Call Number: 372.2 Sin m
Keywords: Hasil Belajar; IPA; Pembelajaran Inquiri
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7069

Actions (login required)

View Item View Item