MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUANTUM LEARNING PADA MATA PELAJARAN SAINS KELAS V SD NEGERI 101783 SAENTIS T.A 2011/2012

Nirwana, Bayu (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUANTUM LEARNING PADA MATA PELAJARAN SAINS KELAS V SD NEGERI 101783 SAENTIS T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108113018 COVER.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img] Text
108113018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Text
108113018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (0B)
[img]
Preview
Text
108113018 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113018 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113018 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img] Other
108113018 BAB I.pdf - Published Version

Download (476kB)
[img]
Preview
Text
108113018 BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 101783 Saentis. Dari hasil observasi ditemukan bahwa masih banyak siswa yang belum dapat mencapai hasil belajar yang diharapkan dari kriteria minimum yaitu 65. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa denganmenggunakan metode Quantum Learningpada mata pelajaran sains kelas V SDN 101783 Saentis Tahun Ajaran 2011/2012. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 30 siswa pada semester II SD Negeri 101783 Saentis T.A. 2011/2012, yang terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperlukan diperoleh dengan menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian yang diperoleh setelah melaksanakan tindakan bahwa hasil belajar siswa selama proses pembelajaran menunjukkan adanya peningkatan yang baik. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa pada setiap siklusnya. Tes awal, nilai rata-rata tes hasil belajar siswa diperoleh sebesar 49, dimana 6 orang siswa tuntas dalam belajar atau 20% dan belum dapat mencapai ketuntasan belajar. Setelah pelaksanaan tindakan ketuntasan pada siklus I terdapat nilai rata-rata tes hasil belajar siswa 66 dan siswa yang tuntas belajar meningkat menjadi 17 siswa atau 57%. Pada siklus II nilai rata-rata adalah 83 dan siswa yang tuntas belajar meningkat menjadi 27 siswa atau 90%. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa dengan menggunakan metode Quantum Learningdapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Sains di kelas V SD Negeri 101783 SaentisT.A 2011/2012. Dan disarankan kepada guru agar menggunakan metode Quantum Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains khususnya pada pokok bahasan cahaya dan sifat-sifatnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSimbolon, Naeklan195704251982032001
Call Number: 372.2 Nir m
Keywords: Hasil Belajar; Quantum Teaching; SAINS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7048

Actions (login required)

View Item View Item