PENGGUNAAN METODE PERMAINAN KARTU MATRIKS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 060912 MEDAN DENAI T.A 2011/2012

Siregar, Fitri Hidayah (2012) PENGGUNAAN METODE PERMAINAN KARTU MATRIKS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 060912 MEDAN DENAI T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313111 COVER.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313111 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313111 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313111 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313111 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313111 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313111 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313111 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313111 BAB I.pdf - Published Version

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313111 BAB V.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313111 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313111 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada penjumlahan dan pengurangan pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan dan untuk meningkatkan metode permainan kartu matriks. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 060912 Medan Denai Tahun Ajaran 2011/2012 di kelas V semester II yang berjumlah 28 orang, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yamg dilakukan dalam 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 2 x pertemuan yang masing - masing pertemuan 35 menit. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrument penelitian dalam penelitian adalah Tes hasil belajar dan Observasi. Hasil penelitian pada tes awal telah diperoleh nilai rata-rata 58,21 yang mana siswa yang mencapai nilai tuntas sebanyak 11 orang atau 39,29% dari jumlah kesekuruhan siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 17 orang atau 60,71% dari jumlah keseluruhan. Hasil pemberian tes I (Siklus I) pada siswa dipeoleh rata-rata 61,07 dimana siswa yang mencapai nilai tuntas sebanyak 12 orang atau 42,86% dari jumlah keseluruhan siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 16 orang atau 57,14% jumlah keseluruhan siswa. Pada siklus II memperoleh skor rata-rata 75 dimana 24 orang atau 85,72% dari jumlah keseluruhan mencapai ketuntasan, 4 atau 14,28% tidak tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode permainan kartu matriks dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika kelas V SD Negeri 060912 Medan Denai tahun ajaran 2011/2012

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSyarif, Kemali195908011986012002
Call Number: 372.2 Sir p
Keywords: metode permainan; kartu matriks; matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7044

Actions (login required)

View Item View Item