PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI ALAT PERAGA SECARA EFEKTIF DI KELAS V SDN 101766 BANDAR SETIA TAHUN AJARAN 2011/2012.

Riadi, Selviana Rosa (2012) PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI ALAT PERAGA SECARA EFEKTIF DI KELAS V SDN 101766 BANDAR SETIA TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313322 COVER.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313322 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313322 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313322 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313322 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313322 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313322 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313322 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313322 BAB I.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313322 BAB V.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313322 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313322 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) melalui alatperaga secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa melaluialat peraga secara efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materibangun datar di kelas V SDN 101766 Bandar Setia.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui alat peragasecara efektif dapat meningkatkan hasil pembelajaran Matematika pada materibangun datar di kelas V SDN 101766 Bandar Setia. Jumlah subjek dalampenelitian ini adalah sebanyak 40 siswa yang berasal dari kelas V pada tahunajaran 2011/2012, untuk memperoleh data dalam penelitian ini penulis melakukanpenelitian pengumpulan data dengan cara member test.Penelitian ini terdir i dari 2 siklus, Siklus I dan Siklus II masing-masingmemiliki dua pertemuan. Pada setiap pertemuan peneliti melakukan test hasilbelajar terhadap siswa, untuk mengetahui tingkat ketuntasan belajar siswa.Dari hasil analisis data diperoleh 7 siswa (17,50 %) yang mencapai syaratketuntasan belajar dan 33 siswa (82,50 %) belum mencapai tingkat ketuntasanbelajar, dari pretest diperoleh nilai rata-rata 42,50. Dari hasil analisis data padasiklus I diperoleh 21 siswa (52,50 %) telah mencapai tingkat ketuntasan belajardan 19 siswa (47,50 %) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilairata-rata 61,75. Dari hasil tes pada siklus II diperoleh 37 siswa (92,50 %) telahmencapai tingkat ketuntasan belajar dan 3 siswa (7,50 %) belum mencapai tingkatketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 84,00.Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui alat peraga secara efektifdapat meningkatkan hasil pembelajaran Matematika di kelas V SDN 101766Bandar Setia. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melaluialat peraga secara efektif dapat meningkatkan hasil pembelajaran Matematikapada materi bangun datar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorNurmayani, 196111111988032001
Call Number: 372.2 Ria p
Keywords: matematika; alat peraga
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7041

Actions (login required)

View Item View Item