MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUANTUM LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 164517 TEBING TINGGI T.A 2011/2012

Sari, Andini Astika (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUANTUM LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 164517 TEBING TINGGI T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313022 COVER.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313022 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313022 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313022 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313022 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313022 BAB I.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313022 BAB V.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313022 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan Metode Quantum Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri 164517 Tebing Tinggi T.A 2011/2012?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) dengan menggunakan metode quantum learning dalam proses belajar mengajar. Hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajarnya. Sedangkan Metode Quantum Learning merupakan metode pembelajaran yang dapat mempertajam pemahaman dan daya ingat serta membuat belajar sebagai suatu proses yang menyenangkan dan bermanfaat khususnya pada mata pelajaran IPA.Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri 164517 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2011/2012 yang berjumlah 17 orang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Tes digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan menggunakan analisis deskriptif (rata rata dan persentase). Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, masing masing terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sebelum dilakukan siklus I , peneliti melakukan tes awal untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi yang akan diajarkan pada siklus I. Dari tes awal diperoleh data hanya sebesar 35,29% dari 17 siswa yang mengalami ketuntasan dalam belajar dengan nilai rata-rata 61,18. Untuk meningkatkan hasil belajar, maka selanjutnya dilaksanakan tes pada siklus I dan diperoleh data sebesar 70,59% dari 17 siswa mengalami ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 71,17 terjadi peningkatan 35,3%. Kemudian dilaksanakan tes kembali pada siklus II dan diperoleh data sebesar 88,23% yang mengalami ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 80,53 terjadi peningkatan 17,64% dari siklus I. Dari 17 siswa kelas IV telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 88,23%.Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Quantum Learning dalam proses belajar mengajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri 164517 Tebing Tinggi. Sehingga pembelajaran ini dapat dijadikan salah satu alternatif pemecahan masalah rendahnya hasil belajar IPA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorLubis, Wildansyah195811111986011001
Call Number: 372.2 Sar m
Keywords: Hasil Belajar; Quantum Learning; IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7037

Actions (login required)

View Item View Item