MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DI KELAS V SD NEGERI NO.106164 SAMBIREJO TIMUR TAHUN AJARAN 2012

Surbakti, Yendra Kesuma (2012) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DI KELAS V SD NEGERI NO.106164 SAMBIREJO TIMUR TAHUN AJARAN 2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313404 COVER.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313404 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313404 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313404 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313404 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313404 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313404 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313404 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313404 BAB I.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313404 BAB V.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313404 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri No.106164 Sambirejo Timur yang berlokasi di desa Sambirejo Timur, Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Peneliti melakukan penelitian selama 2 bulan yaitu mulai dari bulan Juni sampai bulan Agustus. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “ Rendahnya keterampilan menulis karangan siswa kelas V SD Negeri No.106164 Sambirejo Timur. Tujuan dari penlitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa kelas V SD Negeri No.106164 Sambirejo Timur. Dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif jigsaw.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah 30 orang siswa dan objek penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan menulis karangan dalam Bahasa Indonesia melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif jigsaw. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan obsrvasi dan tes hasil belajar siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, yaitu siklus I dan II. Sebelum dilakukan tindakan, peneliti melakukan observasi dan tes awal (pretes) untuk mengetahui keterampilan menulis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada pokok bahasan menulis karangan narasi. Dari hasil pretes yang dilakukan, maka dapat diketahui bahwa hanya ada 7 orang siswa (23,33%) yang dinyatakan tuntas belajar dan 21 orang siswa lagi (76,67 %) dinyatakan tidak tuntas belajar. Dari hasil tersebut diketahui tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar (23,33%) yang berarti belum memenuhi syarat ketuntasan belajar. Dari hasil siklus I tersebut terlihat adanya peningkatan ketuntasan belajar siswa dimana ada 17 orang siswa (56,66%) yang dinyatakan tuntas belajar dan 13 orang siswa lagi (44,32 %) masih dinyatakan belum tuntas belajar. Dari hasil tersebut diketahui bahwa ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah sebesar (56,66 %) yang juga masih tergolong belum tuntas belajar. Dari hasil tersebut diketahui bahwa pada siklus II tersebut dari jumlah siswa 30 orang siswa dinyatakan 24 orang siswa (80 %) dinyatakan tuntas belajar dan 6 orang siswa (20 %) lagi belum tuntas belajar, dikarenakan 6 orang anak tersebut rata-rata pengetahuannya masih dibawah rata-rata.Berdasarkan penjelasan diatas mengenai penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw yang diterapkan pada siswa dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw dapat meningkatkan keterampilan menulis pada pokok bahasan menulis karangan narasi pada siswa kelas V SD Negeri No.106164 Sambirejo Timur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSimanjuntak, Dorlince195811111986011001
Call Number: 372.2 Sur m
Keywords: Narasi; Kooperatif; Model
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7036

Actions (login required)

View Item View Item