MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENERAPKAN METODE INQUIRI DIKELAS IV SD NEGERI 105272 PURWODADI MEDAN SUNGGAL T.A. 2011 / 2012

Manullang, Melda Putri Sari (2012) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENERAPKAN METODE INQUIRI DIKELAS IV SD NEGERI 105272 PURWODADI MEDAN SUNGGAL T.A. 2011 / 2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108113043 COVER.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113043 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113043 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113043 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113043 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113043 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113043 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113043 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113043 BAB I.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113043 BAB V.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108113043 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian ini adalah apakah dengan meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menerapkan metode inquiri dikelas IV SD Negeri 105272 Purwodadi Medan Sunggal T.A. 2011 /2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode inquri dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS . Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2x pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan melalui 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus 1, peneliti terlebih dahulu mengamati proses pembelajaran awal siswa atau prasiklus yang bertujuan selain untuk mengetahui motivasi belajar siswa juga untuk mengetahui kekurangan-kekurangan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas IV SD Negeri 105272 purwodadi sebanyak satu kelas yang berjumlah 30 siswa terdiri dari 17 laki-laki dan 13 perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi motivasi belajar siswa dengan indikator : tekun menghadapi tugas, ulet menghadapi kesulitan, mandiri, mendengarkan, mengajukan pertanyaan, dan senang berkompetensi secara sehat.Analisis data observasi pada kondisi awal diperoleh 5 orang memiliki motivasi belajar baik (16,7%), 4 orang memiliki motivasi belajar cukup (13,3%), 21 orang memiliki motivasi belajar kurang (70%). Pada siklus I mengalami perubahan yaitu : 15 orang memiliki motivasi belajar baik (50%), 10 orang memiliki motivasi belajar cukup (33,3%), 5 orang memiliki motivasi belajar kurang (16,7%). Dan pada siklus II persentase motivasi belajar siswa semakin meningkat dan sesuai dengan persentase yang ingin dicapai pada tingkat motivasi belajar siswa, yaitu : 6 orang memiliki motivasi belajar sangat baik (20%), 24 orang memiliki motivasi belajar baik (80%). Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode inquiri dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPS di Kelas IV SD Negeri 105272 Purwodadi. Oleh karena itu, metode inquiri dapat diterapkan sebagai salah satu alternatife dalam meningkatakan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitohang, Risma195907161984032001
Call Number: 372.2 Man m
Keywords: motivasi belajar; IPS; metode inquiri
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7034

Actions (login required)

View Item View Item