MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA PELAJARAN SAINS KELAS IV SD NEGERI 050592 PD. BRAHRANG KECAMATAN SELESAI KABUPATEN LANGKAT

Sari, Reni Puspita (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA PELAJARAN SAINS KELAS IV SD NEGERI 050592 PD. BRAHRANG KECAMATAN SELESAI KABUPATEN LANGKAT. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313278 COVER.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313278 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (713kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313278 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313278 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313278 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313278 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313278 BAB I.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313278 BAB V.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313278 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313278 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview

Abstract

Pada umumnya guru di SD Negeri 050592 Pd. Brahrang, dalam pembelajaran IPA banyak yang menekankan pada pemberian informasi dengan hanya menggunakan metode ceramah saja. Aktifitas siswa selama proses pembelajaran dapat di katakan hanya mendengarkan penjelasan guru, sehingga banyak siswa yang pasif yang pada akhirnya menyebabkan siswa memperoleh hasil yang rendah pada pelajaran IPA. Penelitian Tindakan Kelas di Negeri 050592 Pd. Brahrang dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penerapan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok bagian tumbuh-tumbuhan kelas IV di SD Negeri 050592 Pd. Brahrang Kecamatan Selesai tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 32 orang siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi kegiatan pembelajaran dan aktivitas siswa serta instrumen tes hasil belajar terdiri dari pretes, postes siklus I dan postes siklus II. Penelitian di lakukan selama 2 bulan mulai dari pengurusan perizinan penelitian hingga evaluasi siklus II.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media gambar dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok bagian tumbuh-tumbuhan kelas IV di SD Negeri 050592 Pd. Brahrang Kecamatan Selesai tahun pelajaran 2011/2012. Hal ini terlihat dari tingkat ketuntasan belajar siswa sebelum di berikan tindakan (pretes) sebesar 6,25% yang tuntas dengan rata-rata nilai pengetahuan siswa sebesar 35 %. Pada tindakan siklus I, diperoleh rata-rata nilai penguasaan siswa sebesar 73,1 dengan tingkat ketuntasan 62,5% atau terjadi peningkatan ketuntasan sebesar 56,3% dibandingkan sebelum tindakan prasiklus. Pada tindakan siklus II, di peroleh nilai rata-rata penguasaan siswa sebesar 86,2 dengan tingkat ketuntasan 93,75% atau terjadi peningkatan ketuntasan sebesar 31,2% di bandingkan siklus I dan terjadi peningkatan sebesar 87,5% dibandingkan tes awal (pretes)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorTamba, Robenhart196111251987031003
Call Number: 372.2 Sar m
Keywords: hasil belajar; media gambar; sains
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration > NC390 Study and teaching
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7033

Actions (login required)

View Item View Item