METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS PADA POKOK BAHASAN GAYA MAGNET DI KELAS V SD NEGERI 060819 MEDAN T.A 2011/2012

Sitorus, Fransiska Deodora (2012) METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS PADA POKOK BAHASAN GAYA MAGNET DI KELAS V SD NEGERI 060819 MEDAN T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313116 COVER.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313116 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313116 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313116 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313116 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313116 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313116 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313116 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313116 BAB I.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313116 BAB V.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313116 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313116 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview

Abstract

Kreativitas belajar siswa sangat diperlukan dalam pembelajaran sains, agar siswadapat mempelajari sains dengan mudah. Namun kenyataannya, kreativitas belajar siswadalam belajar sains di SD Negeri 060819 Medan masih tergolong rendah, hal ini tampakdari kurangnya keberanian siswa untuk bertanya, mengungkapkan pendapat, maupunmenjawab pertanyaan guru. Dalam mengajarkan sains, guru cenderung menggunakanmetode ceramah saja dan buku teks serta kurang mengembangkan dan menumbuhkankreativitas siswa dalam belajar.Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kreativitas belajarsiswa dengan menggunakan metode eksperimen pada materi pelajaran gaya magnet dikelas V SD Negeri 060819 Medan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakankelas atau classroom action research. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VbSD Negeri 060819 Medan tahun pelajaran 2011/212 sebanyak 21 orang siswa.Prosedur dalam penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan tiap siklus terdiri dari 4 tahapyaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrument yang digunakanadalah lembar observasi kreativitas belajar siswa selama pembelajaran di dalam kelas.Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif.Hasil temuan penelitian menunjukkan, pada siklus I, diketahui bahwa dari 21orang siswa terdapat 8 orang siswa (38,19%) memiliki kreativitas belajar dengankategori kurang kreatif, 9 orang siswa (42, 85%) memiliki kreativitas belajar dengankategori cukup kreatif, dan 4 orang siswa (19.06%) memiliki kategori kreatif. Secaraklasikal proses pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen belum dapatmeningkatkan kreativitas belajar siswa. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II,dapat diketahui bahwa dari 21 orang siswa terdapat 8 orang siswa (38.09%) memilikikreativitas belajar dengan kategori cukup kreatif, sebanyak 7 orang siswa (33.34%)memiliki kreativitas belajar kreatif dan 6 orang siswa (28.58%) memiliki kreativitasbelajar sangat kreatif. Secara klasikal dinyatakan bahwa proses pembelajaran denganmenggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa secaraoptimalDengan demikian, dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran denanmenggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa padamata pelajaran sains materi pokok gaya magnet di kelas V SD Negeri No. 060819Medan T.A 2011/2012. Sebagai tindak lanjut diharapkan kepada guru agar lebih kreatifmerncanakan proses pembelajaran yang inovotif dan disarankan untuk menggunakanmetode eksperimen dalam mengajarkan sains, sehingga mampu merangsang danmeningkatkan kreativitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorPurba, Edward195208121976031003
Call Number: 372.2 Sit m
Keywords: metode eksperimen; kreativitas belajar; sains
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7031

Actions (login required)

View Item View Item