PENERAPAN STRATEGI BELAJAR TUNTAS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 060967 MEDAN BELAWAN TAHUN AJARAN 2011/2012

Simbolon, Kristin (2012) PENERAPAN STRATEGI BELAJAR TUNTAS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 060967 MEDAN BELAWAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
109811068 COVER.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811068 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811068 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811068 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811068 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811068 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811068 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811068 BAB I.pdf - Published Version

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811068 BAB V.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811068 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 060967 Medan Belawan, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menerapkan strategi belajar tuntas dan meningkatkan kemampuan guru dalam mengidentifikasi kesulitan belajar siswa. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan selama dua silkus terdiri ddari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Instrument penelitian yang dilaksanakan adalah lembar observasi berupa daftar ceklist. Subjek dalam penelitiaan ini adalah siswa kelas V SD Negeri 060967 Medan Belawan Tahun Ajaran 2011/2012. Dengan jumlah siswa 33 orang, terdiri atas 14 orang laki-laki dan 19 orang perempuan. Penelitian ini dilakukan sesuai jadwal pelajaran IPA dikelas tersebut. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, maka peneliti melakukan observasi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah daftar ceklist dengan indicator sebagai berikut : a) Tekun dan ulet, b) Menekankan minat yang tinggi, c) Mandiri, d)Dapat mempertahankan pendapat dan berpendirian teguh, e) Bekerja sama dalam mencari dan memecahkan masalah, f) Ego-involvement, g) Hasrat untuk belajar. Hasil penelitian diperoleh jumlah skor pada kondisi awal yang tuntas ada 4 orang dengan persentase 12,12% dan 26 orang yang belum tuntas dengan persentase 78,78%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, siswa yang tuntas meningkat hanya sebanyak 6 orang yang sudah tuntas pada kondisi awal atau hanya 17% dan yang belum tuntas 26 orang dengan persentase 83%. Selanjutnya peneliti melakukan siklus II agar hasil yang diperoleh sesuai dengan yang diharapkan dan pembelajaran lebih optimal. Dari siklus II diperoleh siswa yang tuntas semakin meningkat dengan nilai rata-rata 66,80%. Sedangkan hasil motivasi pada siklus I pada lembar observasi dengan 7 indikator adalah : a) 56,06%, b) 58,34%, c) 57,57%, d) 45,46%, e) 59,08%, f) 54,54%, g) 39,41%. Dan pada siklus II motivasi belajar siswa meningkat menjadi a) 66,66%, b) 71,21%, c) 69,69%, d) 57,60%, e) 72,00%, f) 71,20%, g) 65,16%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pembelajaran IPA dengan menerapkan strategi belajar tuntas dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 060967 Medan Belawan pada materi pesawat sederhana tahun ajaran 2011/2012.Dari hasil temuan penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan yaitu motivasi belajar siswa melalui penerapan strategi belajar tuntas pada materi pesawat sederhana di kleas V SD Negeri 060967 Medan Belawan dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorKaro-karo, Demmu195810071985011001
Call Number: 372.2 Sim p
Keywords: Strategi Belajar Tuntas; Motivasi Belajar; IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7023

Actions (login required)

View Item View Item