UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISONS (STAD) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR 104208 CINTA RAKYAT PERCUT SEI TUAN T.P 2011-2012

Taroreh, Nico Adrianus (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISONS (STAD) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR 104208 CINTA RAKYAT PERCUT SEI TUAN T.P 2011-2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313223 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313223 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (962kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313223 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313223 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313223 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313223 DAFAR TABEL.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313223 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313223 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313223 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313223 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313223 BAB I.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313223 BAB V.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313223 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika siswa kelas IV SD 104208 Cinta Rakyat Percut Sei Tuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions ( STAD ) pada materi operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di kelas IV Sekolah Dasar 104208 Cinta Rakyat, Percut Sei Tuan tahun ajaran 2011-2012.Penelitian ini dilaksanakan di SDN 104208 Cinta Rakyat, gang Desa, Percut Sei Tuan Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVa yang berjumlah 32 orang dan objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions ( STAD ) pada mata pelajaran matematika.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi guru dan siswa dan tes essay dengan 10 soal untuk melihat hasil belajar siswa.Dari hasil analisis diperoleh data pretes sebagai hasil belajar awal siswa dengan persentase 0%. Data postes siklus I pada materi penjumlahan dengan rata-rata nilai 35,48%, berarti ada peningkatan hasil belajar siswa 35,48%. Dan pada materi pengurangan dengan rata-rata 22,58%, berarti ada peningkatan hasil belajar siswa 22,58%. Kemudian, pada postes siklus II pada materi penjumlahan dengan rata-rata nilai 90,32%, berarti ada peningkatan hasil belajar siswa 54,84%. Dan pada materi pengurangan dengan rata-rata nilai 85,80%, berarti ada peningkatan hasil belajar siswa 63,22%.Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas IV SD 104208 Cinta Rakyat Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2011 – 2012 dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini berarti bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat digunakan sebagai strategi pembelajaran alternatif dalam mata pelajaran Matematika khususnya materi pada operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorBukit, Herawati195408181979032001
Call Number: 372.2 Tar u
Keywords: STAD; matematika; model pembelajaran kooperatif
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7012

Actions (login required)

View Item View Item