MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE KELAS IV SD NEGERI 064983 GAPERTA T.A 2011/2010

Afriani, Jesi (2012) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE KELAS IV SD NEGERI 064983 GAPERTA T.A 2011/2010. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313157 COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img] Text
108313157 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (0B)
[img]
Preview
Text
108313157 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313157 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313157 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img] Text
108313157 BAB I.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Text
108313157 BAB V.pdf - Published Version

Download (0B)
[img]
Preview
Text
108313157 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview

Abstract

Masalah yang dihadapi dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi siswa dalam menulis karangan narasi di kelas IV SD Negeri 064983 Gaperta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model picture and picture dapat meningkatakan motivasi siswa dalam menulis karangan narasi di kelas IV SD Negeri 064983 Gaperta. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 064983 Gaperta. Dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitan ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 41 siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah model picture and picture dan dibantu dengan gambar . Dan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. pada siklus I terdapat 8 orang siswa (19,51%) memiliki motivasi belajar kurang, 14 orang siswa (34,14%) memiliki motivasi cukup, 3 orang siswa siswa (7,31%) memiliki motivasi baik dan pada tindakan siklus II terjadi peningkatan motivasi belajar yaitu 23 orang siswa (56,09%) sudah berada pada kategori motivasi belajar sangat baik dan 2 orang siswa (4,87%) berada pada kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian mulai dari siklus I dan siklus II sudah terjadi peningkatan yang signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan dengan menerapakan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan motivasi belajar siswa menulis karangan narasi pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri No. 064983 Gaperta T.A 2011/2012. Disarankan kepada guru diharapkan dapat menciptakan kondisi belajar yang kondusif melalui penggunaan model pembelajaran Picture and Picture yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPurba, Edward195208121976031003
Call Number: 372.2 Afr m
Keywords: motivasi belajar; karangan narasi; model picture
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
N Fine Arts > ND Painting > ND1115 Study and teaching
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7009

Actions (login required)

View Item View Item