MODEL PENGEMBANGAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH MANDIRI

Matondang, Zulkifli MODEL PENGEMBANGAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH MANDIRI. Jurnal Title.

[img]
Preview
Text
Model pengembangan kepala sekolah dalam mewujudkan sekolah mandiri.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview

Abstract

Kepala sekolah merupakan tenaga kependidikan yang diberi tugas tambahan dalammelakukan pembinaan sekolah. Pembinaan yang dilakukan kepala sekolah baikbidang akademik maupun manajerial dalam mewujudkan visi dan misi sekolah.Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang bertujuan untuk membentuk karaktersiswa (bangsa) sesuai yang diharapkan. Sekolah yang mandiri yaitu lembagapendidikan yang dalam proses kegiatannya telah memenuhi standar yang sudahditetapkan. Dalam mewujudkan sekolah mandiri, diperlukan seorang kepala sekolahyang memiliki visi dan misi yang konkrit dan akan dapat dicapai pada rentang waktutertentu. Salah satu tujuan dibidang pendidikan yaitu memantapkan karakter bangsamenuju generasi 2045. Karakter bangsa yang dituju yaitu sosok manusia Indonesiayang mampu menghadapi tantangan, berkarakter, dan kompetetif dalam era global.Dalam menyiapkan manusia Indonesia tersebut, dibutuhkan para kepala sekolahyang mampu mengaplikasikan pendidikan melalui sekolah mandiri. Untuk itudibutuhkan suatu model pengembangan dan pembinaan agar mampu mewujudkansekolah mandiri. Implementasi sekolah mandiri memerlukan suatu kesadaran barudalam menjalankan roda organisasi sekolah. Kepala sekolah beserta guru harus memiliki otonomi dan otoritas yang memadai dalam membentuk karakter bangsa.

Item Type: Article
Keywords: Model Pengembangan; Kepala sekolah; Sekolah Mndiri; Karakter Bangsa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LD Individual institutions (United States)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 31 Mar 2016 04:49
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/699

Actions (login required)

View Item View Item