UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING PADA PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 12 BINJAI TAHUN AJARAN 2015/2016.

Siregar, Dzikril Hakim (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING PADA PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 12 BINJAI TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 6113311036_COVER SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 6113311036_PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 6113311036_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 6113311036_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 6113311036_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 6113311036_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 6113311036_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 6113311036_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 6113311036_BAB I DZIKRIL.pdf - Published Version

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. 6113311036_BAB V DZIKRIL.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. 6113311036_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penigkatan hasil belajar dribbling dengan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola dengan menggunakan Penerapan Pendekatan Saintifik dan model Cooperative Learning pada siswa kelas VII SMP Negeri 12 Binjai Kota Binjai Tahun Ajaran 2015/2016. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 12 Binjai Kota Binjai Tahun Ajaran 2015/2016, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 32 orang. Untuk menganalisis data dalam penelitian ini dan untuk mengetahui hasil dilihat dari ketuntasan siswa secara individu dan secara klasikal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar yang berbentuk portofolio. Setelah menerapkan Pendekatan Saintifik dengan sekaligus diiintegrasikan model kooperative maka diadakan tes hasil belajar pada siklus I dan siklus II yang berbentuk teknik dribbling dengan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola. Berdasarkan hasil data awal pada siswa kelas VII SMP Negeri 12 Binjai Kota Binjai. Dari 32 siswa terdapat 18 siswa (56,25%) yang tidak tuntas dan 14 siswa (43,75%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 2,27. Hasil dari siklus I terdapat 13 siswa (40,62%) yang tidak tuntas dan 19 siswa (59,37%) dari 32 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 2,70. Disiklus II terdapat 2 siswa (6,25%) yang tidak tuntas dan 30 siswa (93,75%) dari 32 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 3,01. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Model Kooperative dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar dribbling dengan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola pada siswa kelas VII SMP Negeri 12 Binjai Kota Binjai Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorJumadin, 195601031981031005
Call Number: SK-2016 PJS 028
Keywords: Pendidikan Jasmani; Sepak Bola; Dribling
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 28 Jul 2016 03:07
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6987

Actions (login required)

View Item View Item