UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN METAKOGNISI

Ramlis, Irmayani (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN METAKOGNISI. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8106172033 COVER.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8106172033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8106172033 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8106172033 PREFACE.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8106172033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8106172033 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8106172033 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8106172033 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8106172033 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8106172033 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8106172033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis matematika siswa yang diajar melalui pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan metakognisi, (2) mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar melalui pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan metakognisi, (3) mendeskripsikan aktivitas aktif siswa selama pembelajaran melalui penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan metakognisi, (4) mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran melalui pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan metakognisi, (5) mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran selama pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan metakognisi berlangsung dan (6) mengetahui proses jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan soal-soal melalui pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan metakognisi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Aek Kuasan Tahun Ajaran 2014/2015 dengan jumlah siswa keseluruhan adalah 36 orang dengan objek penelitian adalah penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan metakognisi sebagai upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Instrumen yang digunakan terdiri dari : (1) tes kemampuan berpikir kritis matematika, (2) tes kemampuan pemecahan masalah matematika dan (3) lembar observasi. Seluruh instrumen yang digunakan telah divalidasi oleh pakar dan diujicobakan di lapangan, hasilnya disimpulkan bahwa : (1) seluruh butir tes adalah valid dan memiliki tingkat reliabilitas dengan kategori baik, (2) lembar observasi telah divalidasi oleh pakar dan dinyatakan layak digunakan dalam penelitian. Penelitian terdiri dari dua siklus dan tes diberikan pada setiap akhir siklus. Hasil tindakan siklus I dan II : (1) Hasil tes berpikir kritis matematika siklus I siswa yang memiliki tingkat kemampuan minimal baik dengan nilai lebih besar sama dengan 2,67 sebesar 52,8% dan pada siklus II sebesar 83,3%. Artinya ada peningkatan kemampuan berpikir kritis matematika siswa dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 30,5%; (2) Hasil tes pemecahan masalah matematika siswa yang memiliki tingkat kemampuan minimal baik dengan nilai lebih besar sama dengan 2,67 siklus I sebesar 63,9% pada siklus II sebesar 86,1%. Artinya ada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 22,2%; (3) Aktifitas aktif siswa pada siklus I terdapat dua dari lima kategori pengamatan yang berada pada batas toleransi waktu, pada siklus II terdapat lima dari lima kategori pengamatan berada pada batas waktu toleransi; (4) Respon siswa terhadap model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan metakognisi pada siklus I dan II termasuk dalam kategori respon positif; (5). Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan metakognisi berada pada kategori baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSinaga, Bornok196509101991021001
Thesis advisorNapitupulu, E. Elvis196312251988031004
Call Number: 510.071 2 Ram u
Keywords: Berpikir kritis; Metakognisi; Pembelajaran berbasis masalah; Aktivitas belajar; Proses jawaban siswa; Teori belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 27 Jul 2016 09:02
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6968

Actions (login required)

View Item View Item