PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN KONSEP UNTUK KELAS IX SEMESTER II

Azizah, Aldina Nasroh (2016) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN KONSEP UNTUK KELAS IX SEMESTER II. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8136174001 COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8136174001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8136174001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8136174001 PREFACE.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8136174001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8136174001 TABLES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8136174001 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8136174001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8136174001 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8136174001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8136174001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis pendekatan konsep yang layak untuk Kelas IX Semester II, mengetahui tanggapan guru dan siswa terhadap LKS berbasis pendekatan konsep Kelas IX Semester II pada pokok bahasan kelangsungan hidup organisme, pewarisan sifat dan bioteknologi. Lembar Kerja Siswa (LKS) merupakan salah satu alternatif sumber pembelajaran yang tepat bagi siswa karena LKS membantu peserta didik untuk menambah informasi tentang konsep yang dipelajari melalui kegiatan belajar. Penelitian ini dilakukan di Program Pascasarjana (PPs) UNIMED pada bulan Januari-Agustus 2015, dengan model pengembangan Thiagarajan (4-D) yang telah dimodifikasi terdiri dari 3 tahap yaitu tahap pertama pendefinisian yang meliputi: analisis SK, KD dan indikator kompetensi, kondisi siswa, refleksi guru dan meneliti permasalahan yang dijumpai dalam LKS yang digunakan sebelumnya. Tahap kedua perancangan, yang terdiri dari: pengumpulan data berupa silabus (meliputi SK dan KD), merumuskan tujuan khusus yang ingin dicapai, menyusun kerangka penyajian. Tahap ketiga adalah pengembangan, terdiri dari validasi oleh ahli materi dan pendidikan, tanggapan guru biologi, dan tanggapan siswa pada uji kelompok kecil dan uji kelompok lapangan terbatas. Produk yang dihasilkan berupa LKS yang digunakan siswa kelas IX semester II. LKS disusun dan dinilai layak oleh tim validasi. Hasil penilaian tim ahli materi menunjukkan rata-rata 89,37% kategori sangat layak, dan ahli pendidikan 86,25% kategori sangat layak. Hasil tanggapan guru biologi mendapat hasil 93,94% kategori sangat layak. Hasil tanggapan siswa pada uji kelompok kecil mendapat hasil 83,4% kategori sangat layak dan hasil tanggapan siswa pada uji kelompok besar mendapat hasil 87,4% kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHasruddin, 196404241989031027
Thesis advisorHarahap, Fauziyah196607281991032002
Call Number: 570.071 Azi p
Keywords: Lembar kerja siswa; Pendekatan pembelajaran; Pendekatan konsep
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LT Textbooks
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 27 Jul 2016 02:56
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6908

Actions (login required)

View Item View Item