PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMP N 2 SECANGGANG KABUPATEN LANGKAT

Halim, Abdul (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMP N 2 SECANGGANG KABUPATEN LANGKAT. Jurnal Tabularasa, 9 (2). pp. 141-158. ISSN 1693-7732

[img]
Preview
Text
Pengaruh strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar fisika siswa SMP N 2 Secanggang Kabupaten Langkat.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dan TPS terhadap hasil belajar fisika berdasarkan dan gaya belajar siswa.Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Secanggang. Metode penelitian yaitu quasi eksperimen dan desain faktorial 2x3. Sebelum uji lanjut dengan uji Scheffe dilakukan uji normalitas Lilifors serta uji homogenitas menggunakan uji F dan uji Barlett. Temuan penelitian ini menunjukkan ada pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil belajar fisika pada α=5%, Hasil belajar fisika siswa yang diajar dengan tipe STAD lebih tinggidibandingkan tipe TPS. Ada pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar fisika siswa pada α=5%. Siswa yang memiliki kecenderungan gaya belajar auditorial memperoleh hasil belajar fisika lebih tinggi dibandingkan siswa dengan gaya belajar visual dan kinestetik. Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar fisika siswa, Hasil uji lanjut menggunakan uji Scheffe diketahui bahwa kelompok siswa yang memiliki kecenderungan gaya belajar auditorial memperoleh hasil belajar fisika lebih tinggi dibandingkan kelompok lainnya.

Item Type: Article
Keywords: Strategi Pembelajaran; Gaya Belajar; Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 29 Mar 2016 08:19
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/683

Actions (login required)

View Item View Item