PENGUATAN UMPAN BALIK MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH PADA PERMAINAN BOLA PADA SISWA KELAS X SMA YP MEDAN PUTRI TAHUN AJARAN 2015/2016

Fahlevi, Mhd Reza (2016) PENGUATAN UMPAN BALIK MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH PADA PERMAINAN BOLA PADA SISWA KELAS X SMA YP MEDAN PUTRI TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 6113112125 COVER.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 6113112125 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 6113112125 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 6113112125 PREFACE.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 6113112125 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 6113112125 TABLE.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 6113112125 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 6113112125 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 6113112125 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 6113112125 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bawa pada permainan bolavoli pada siswa kelas X SMAYP Medan Putri Tahun Ajaran 2016 melalui penguatan umpanbalik menggunakan media audio visual. Lokasi penelitian ini adalah di SMA YP Medan Putri.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAYP Medan Putri pada Tahun Ajaran 2016 yang berjumlah 24 orang, diantaranya terdiri dari 12 orang siswa putra dan 12 orang siswa putri. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reseach), yang terdiri dari dua siklus, siklus I dan II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti melakukan observasi untuk mengetahui letak kesulitan pada pelajaran passing bawah pada permainan bola voli, dilanjutkan dengan siklus I dan post test siklus I, siklus II dan diakhiri dengan pemberian post test siklus II dengan instrumen penelitian lembar observasi siswa, lembar observasi guru, dan test hasil belajar passing bawah pada permainan bola voli dengan menggunakan lembar portofolio. Dengan penguatan umpan balik dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar passing bawah pada permainan bola voli siswa dari mulai data observasi hingga pada siklus II, Ketuntasan belajarsiswapadasiklus I mencapai 16siswa yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajar yaitu sebesar 44,44%. Dan ketuntasan belajar siswa pada siklus II mencapai 31 siswa yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajarya itu sebesar 86,11%. Jadi dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar passing bawah pada permainan bolavoli melalui penguatan umpan balik menggunakan media audio visual pada siswa kelas X SMA YP Medan Putri Tahun Ajaran 2016. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa melalui penguatanumpan balik menggunakan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah pada permainan bola voli pada siswa kelas X SMA YP Medan Putri Tahun Ajaran2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorDamanik, Suryadi196712241993031002
Call Number: SK- 2016 PKR 024
Keywords: Bola Voli;Umpan Balik;Passing Bawah Bola Voli
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Jul 2016 03:45
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6801

Actions (login required)

View Item View Item