PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SD INTI NO. 060873 MEDAN

Khosiyah, (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SD INTI NO. 060873 MEDAN. Jurnal Tabularasa, 09 (01). pp. 63-80. ISSN 1693-7732

[img]
Preview
Text
Pengaruh strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar pendidikan agama islam siswa sd inti no. 060873 Medan.pdf - Published Version

Download (978kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan upaya peningkatan hasil belajar siswa khususnya pada bidang studi PAI dengan menerapkan strategi pembelajaran kooperatif dengan memperhatikan gaya belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SD Inti 060873 Medan. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V. Teknik pengambilan sampel yaitu cluster random samplin. Strategi pembelajaran yang dilakukan yaitu STAD dan ekspositori, sedangkan gaya belajar dikategorikan atas visual, auditori dan kinestetik. Instrumen penelitian berupa tes untuk mengukur hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar PAI siswa yang diajar dengan strategi STAD lebih tinggi daripada strategi ekspositori. Hasil belajar PAI siswa dengan gaya belajar visual lebih tinggi dibandingkan dengan auditori dan kinestetik. Dan terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar PAI.

Item Type: Article
Keywords: Strategi Pembelajaran; Gaya Belajar; Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 30 Mar 2016 08:28
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/678

Actions (login required)

View Item View Item