MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 104187 MULIOREJO T.A 2015/ 2016

Nainggolan, Evy Reda P. (2016) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 104187 MULIOREJO T.A 2015/ 2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1123111031 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1123111031 COVER.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1123111031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1123111031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (426kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1123111031 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1123111031 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1123111031 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1123111031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 5.NIM. 1123111031 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5.NIM. 1123111031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 6.NIM. 1123111031 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6.NIM. 1123111031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 7.NIM. 1123111031 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7.NIM. 1123111031 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 8.NIM. 1123111031 DAFTAR DIAGRAM.pdf]
Preview
Text
8.NIM. 1123111031 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 9.NIM. 1123111031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9.NIM. 1123111031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 1123111031BAB I.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 1123111031BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1123111031BAB V .pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1123111031BAB V .pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 1123111031 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 1123111031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Scramble.
Subjek penelitian ini adalah siswa di kelas IV SD Negeri 104187 Muliorejo yang berjumlah 30 orang, yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Sedangkan objek penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Scramble dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik analisis datanya adalah terdiri dari 2 siklus dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan alat pengumpulan data berupa lembar observasi motivasi belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, bahwa motivasi belajar siswa selama proses belajar mengajar berlangsung menunjukkan adanya peningkatan, pada kondisi awal nilai rata-rata motivasi belajar siswa untuk tiap siklus, pada siklus I pertemuan I ada 10 orang siswa yang memiliki motivasi belajar siswa dengan kriteria rendah 33,33%. Pada siklus I pertemuan II ada 20 orang siswa memiliki kriteria sedang 66,66%. Dan pada siklus II pertemuan I persentase belajar siswa sebanyak 26 orang memiliki motivasi belajar dengan kriteria tinggi 86,66%. Dan pada siklus II pertemuan II ada semakin meningkat lagi sesuai dengan persentase yang ingin dicapai pada tingkat motivasi belajar siswa yaitu: 27 orang memiliki motivasi belajar siswa sangat tinggi 90%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian dengan menggunakan model pembelajaran Scramble dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS, materi pokok kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan potensi alam pada kelas IV SD Negeri 104187 Muliorejo

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 PGSD 176
Keywords: Motivasi Belajar;Model Pembelajaran; IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 22 Jul 2016 07:17
Last Modified: 22 Jul 2016 07:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6769

Actions (login required)

View Item
View Item