PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN TIPE KEPRIBADIAN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA SMP SWASTA DI KECAMATAN MEDAN AREA

Sari, Suci Wulan (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN TIPE KEPRIBADIAN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA SMP SWASTA DI KECAMATAN MEDAN AREA. Jurnal Tabularasa, 9 (1). pp. 33-44.

[img]
Preview
Text
Pengaruh model pembelajaran dan tipe kepribadian terhadap hasil belajar fisika pada siswa SMP swasta di Kecamatan Medan Area.pdf - Published Version

Download (660kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran kooperatif dan kepribadian siswa terhadap hasil belajar Fisika. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta di kecamatan Medan Area, yang berjumlah 157 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara acak kluster. Hasil pengundian didapat sebanyak 28 siswa SMP Al-Ittihadiyah untuk model pembelajaran kooperatif tipe GI dan 31 siswa SMP Muhammadiyah Sukaramai untuk model pembelajaran langsung. Tes kepribadian siswa terdiri atas tipe ekstrovert dan introvert. Metode penelitian metode eksperimental-semu dengan desain faktorial 2x2. Berdasarkan pengujian hipotesis menyatakan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran langsung. Hasil belajar siswa yang memiliki kepribadian introvert lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kepribadian ekstrovert. serta terdapat interaksi antara model pembelajaran dan tipe kepribadian terhadap hasil belajar Fisika.

Item Type: Article
Keywords: Model Pembelajaran; Tipe Kepribadian; Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 28 Mar 2016 06:59
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/676

Actions (login required)

View Item View Item